Rabu 02 Feb 2022 17:40 WIB

Sebanyak 1.100 Pasien Omicron Sudah Dinyatakan Sembuh

Total korban meninggal akibat Omicron tercatat ada 5 orang.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan hingga Rabu (2/2) sebanyak 2.980 kasus Covid-19 varian Omicron dilaporkan di Indonesia. Nadia merincikan dari 2.980, 1.602 merupakan Pelaku Perjalanan Luar Negeri dan sebanyak 1.093 merupakan transmisi lokal dan sebanyak 285 kasus masih diverifikasi.

"Dari 2.980 kasus konfirmasi Omicron tersebut, 1.100 di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Sementara total korban meninggal akibat Omicron tercatat ada 5 orang," ungkap Nadia saat dikonfirmasi, Rabu (2/2).

Perlu diketahui, perbedaan utama Omicron dengan varian lain adalah penularan lebih cepat dan banyak. Namun tingkat perawatan dan tingkat keparahan kasus varian Omicron lebih rendah. Lebih banyak orang yang terpapar Omicron dirawat di rumah atau Isoman. Jadi dalam waktu singkat akan terjadi kenaikan jumlah kasus yang signifikan.

Data WHO dari penghitungan prediksi peningkatan kasus akibat Omicron dibandingkan dengan Delta dan dengan mempertimbangkan tingkat penularan dan risiko keparahan, maka didapat hasil bahwa kemungkinan akan terjadi peningkatan penambahan kasus yang cepat akibat Omicron. Akan tetapi diiringi dengan tingkat penggunaan tempat tidur rumah sakit atau ICU yang lebih rendah dibandingkan dengan periode Delta.

Artinya varian Omicron memiliki tingkat penularan yang tinggi tapi dengan risiko sakit berat yang rendah. Walaupun begitu, masyarakat tetap harus waspada karena situasi dapat berubah dengan cepat. Oleh karena itu upaya pencegahan dan pengendalian, serta upaya mitigasi lainnya harus tetap berjalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement