Imigrasi Perak Deportasi 16 WNA Selama 2021

Red: Muhammad Fakhruddin

Imigrasi Perak Deportasi 16 WNA Selama 2021 (ilustrasi).
Imigrasi Perak Deportasi 16 WNA Selama 2021 (ilustrasi). | Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Tanjung Perak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jatim telah deportasi sebanyak 16 orang warga negara asing (WNA) selama kurun waktu tahun 2021.

Kasi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Tanjung Perak Sonny Buwono mengatakan dari 16 warga negara asing yang dideportasi tersebut di antaranya berasal dari Malaysia dan juga dari Afrika yakni Pantai Gading. "Rata-rata kasusnya mereka melebihi izin tinggal yang dilakukan. Ada juga yang orang tuanya WNI dan tidak mengajukan perpanjangan izin tinggal. Untuk tahun 2022 masih satu orang WNA asal Pakistan yang dideportasi," katanya di sela pelaksanaan deportasi kepada seorang warga negara asing asal Pakistan di Kantor Imigrasi Tanjung Perak Surabaya, Rabu (2/2/2022).

Ia mengatakan, terkait dengan deportasi warga negara Pakistan juga hampir sama kasusnya yakni melebihi waktu izin tinggal yang sudah ditetapkan sebelumnya. "WNA asal Pakistan berinisial AA lantaran melebihi masa izin tinggal sebanyak 130 hari," ujarnya.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Tanjung Perak Wawan Anjaryono, mengatakan AA berusia 41 tahun memiliki izin tinggal terbatas (ITAS) dengan penjamin istrinya yang seorang WNI (SA). "ITAS yang bersangkutan diterbitkan oleh Imigrasi Tanjung Perak pada tanggal 19 Oktober 2020 dan berlaku sampai dengan tanggal 4 September 2021. Selama berada di Indonesia, AA bertempat tinggal di Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya," ujarnya.

Baca Juga

Ia mengatakan, dari perkara ini, AA telah melanggar Pasal 78 ayat (3) Undang-Undang Nomor Tahun 2011 Tentang Keimigrasian. "Oleh karena itu AA dikenakan sanksi tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian dan diusulkan dalam daftar penangkalan. Pelaksanaan deportasi akan dilakukan pada Kamis (3/2) melalui Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta dari Jakarta menuju Doha (Qatar) dan dilanjutkan menuju Islamabad (Pakistan) menggunakan maskapai Qatar Airways," tuturnya.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Imigrasi Jakarta Utara Amankan 18 WNA dari Gading Nias Residence

Direktorat Jenderal Imigrasi Luncurkan Dua Aplikasi Baru

Kantor Imigrasi Depok Ditingkatkan Jadi Kelas I

Apel Nasional Gabungan di Perairan Batam, Ini Pesan Menkumham

Imigrasi Undang Kemenag Uji Coba M-Paspor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark