Bupati Banyumas Lantik 86 Pejabat dan 10 Eselon 2

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Pelantikan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Banyumas.
Pelantikan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Banyumas. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sebanyak 86 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dilantik oleh Bupati Banyumas Achmad Husein pada Kamis (3/2) di Pendapa Sipanji Purwokerto.

Pejabat tersebut terdiri dari 10 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), 26 pejabat dalam jabatan administrator eselon III dan 37 pejabat dalam jabatan pengawas eselon IV serta 13 pejabat fungsional. Pelantikan juga dihadiri Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono, Ketua DPRD dr Budhi Setiawan, Sekda Wahyu Budi Saptono, dan undangan lainya.

Bupati berharap amanat dan kepercayaan yang telah diberikan Pemkab Banyumas kepada para pejabat, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, penuh rasa tanggung jawab, amanah, loyal, dan profesional bagi peningkatan akuntabilitas dan kinerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta pelayanan publik di Kabupaten Banyumas.

Ia memaparkan, pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pada hari ini adalah untuk mengisi beberapa kekosongan jabatan pada perangkat daerah, sebagai tindak lanjut dari evaluasi kelembagaan, sehingga sifatnya ada yang promosi maupun rotasi.

“Saya juga memastikan bahwa dalam proses penataan dan pelantikan pejabat pada hari ini berjalan sesuai dengan aturan dan etika birokrasi, bebas calo, dan tanpa ada money politic. Ini semua dilakukan semata-mata untuk meningkatkan akuntabilitas dan kinerja pemerintah kabupaten banyumas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik,” ujar Bupati Banyumas, Kamis (3/2).

Untuk itu, setelah pelantikan bupati meminta para pejabat untuk segera merapatkan barisan, berkonsolidasi, bersinergi, dan bekerja secara profesional dan proporsional dalam jabatan yang diemban. Selain itu, juga harus terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi, serta jangan terhanyut dengan pekerjaan rutin.

Pada kesempatan ini bupati juga melepas mantan pejabat yang telah purna tugas dan juga ada yang dimutasi menjadi Sekda Purbalingga. Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Etik Prasojo mengatakan pada pelantikan ini diikuti sebanyak 86 pejabat.

Terdiri terdiri dari 10 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), 26 pejabat dalam jabatan administrator eselon III, dan 37 pejabat dalam jabatan pengawas eselon IV serta 13 pejabat fungsional. Menurutnya dari penataan kali ini, masih ada dinas yang kepalanya belum terisi definitif antara lain Dindukcapil, BPBD dan Dinperkim serta dua staf ahli.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan lelang,” kata Etik. Pada mutasi dan rotasi 10 pejabat ini antara lain Nugroho Purwoadi Asisten Administrasi Umum menjadi Inspektur, digantikan Didi Rudwianto semula Aspemkesra. Purwadi Santosa mutasi ke Aspemkesra untuk jabatan sebelumnya Asekbang diisi oleh Irawadi dari Dinas Pekerjaan Umum. Kresnawan Wahyu Kristoyo kepala Dinperkim mutasi ke DPU menggantikan Irawadi.

Sementara kepala BPBD Titik Puji Astuti mutasi ke Disperindag, Setia Rahendra Kepala Bakesbangpol menjadi Kasatpol PP bertukar dengan Eko Heru Surono, sebagaimana Acmad Supartono Kepala BKPSDM menjadi kepala Dinarpusda bertukar dengan Joko Wikanto.

 

Terkait


Kapasitas tidak Cukup, Banyumas Tambah Rumah Singgah Sementara

Pemkab Banyumas akan Sidak Sekolah, Cek Disiplin Prokes

Sistem 'Si Doi Mas' Akselerasi Layanan Adminduk Banyumas

Cek Disiplin Prokes, Pemkab Banyumas Segera Sidak Sekolah

Sengketa Tanah Jalan TPA, Pemkab Banyumas Janji Bayar Dalam 3 Bulan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark