Mau Bikin Hobi Jadi Bisnis Menguntungkan? Ini Tipsnya!

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Pengusaha tanaman hias merapikan tanaman pada acara Digicash Plant Festival di Cihampelas Walk, Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/6/2021). Sejumlah Pengusaha dan penghobi tanaman hias dari sejumlah daerah di Indonesia memamerkan dan menjual berbagai jenis dan varian tanaman hias seperti anthurium, kaktus hingga tanaman hias karnivora yang dijual dengan kisaran harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah untuk mempercantik dekorasi rumah.
Pengusaha tanaman hias merapikan tanaman pada acara Digicash Plant Festival di Cihampelas Walk, Bandung, Jawa Barat, Selasa (1/6/2021). Sejumlah Pengusaha dan penghobi tanaman hias dari sejumlah daerah di Indonesia memamerkan dan menjual berbagai jenis dan varian tanaman hias seperti anthurium, kaktus hingga tanaman hias karnivora yang dijual dengan kisaran harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah untuk mempercantik dekorasi rumah. | Foto: ANTARA/Novrian Arbi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Melakukan sesuatu yang disukai memang sangat menyenangkan. Apalagi jika kesenangan atau hobi tersebut bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Pertanyaannya, apakah mungkin jika hobi dapat dijalankan sebagai sebuah keterampilan yang menghasilkan? Untuk lebih jelasnya, berikut ini tips singkat yang perlu teman-teman ketahui berdasarkan pesan resmi yang diterima Republika.co.id, Selasa (8/2/2022).

Cek kesiapan diri

Idealnya, hobi merupakan sesuatu yang biasa dilakukan untuk melepaskan penat dari pekerjaan sehari-hari. Ketika kamu memutuskan untuk menjadikan hobi sebagai tambahan penghasilan, kamu harus berkomitmen untuk meluangkan waktu memikirkan bisnis. Hal ini termasuk menghadirkan pelayanan untuk pelanggan dan “berdamai” dengan tenggat waktu.

Sediakan waktu untuk uji coba

Jika kamu sudah memiliki pekerjaan tetap sebelum memulai bisnis, jadikanlah bisnis kedua ini sebagai usaha sampingan terlebih dahulu. Dari uji coba ini, kamu akan memiliki gambaran apakah kamu cocok untuk menjalankan bisnis ini. Dalam hal ini termasuk melihat kekurangan dan kelebihan yang ada, tantangan yang akan muncul, dan sebagainya yang perlu diantisipasi.

Siapkan business plan

Jurnal Kewirausahaan Strategis pernah mengungkapkan, pengusaha yang mempersiapkan rencana bisnis memiliki peluang 16 persen lebih besar untuk mencapai keberhasilan. Sebab itu, rencana bisnismu harus merangkum ringkasan eksekutif dan perusahaan, produk dan jasa yang ditawarkan. Kemudian juga tentang rencana dan strategi pemasaran, timeline, tim manajemen, serta rencana keuangan.

Membangun identitas brand

Branding adalah faktor krusial karena hal tersebut merupakan identitas dan representasi usaha atau bisnis kamu. Untuk itu, jangan lupakan pentingnya nama, logo bisnis, visual, dan keseluruhan identitas brand dari bisnismu agar mudah dikenal oleh masyarakat dan calon pelanggan.

Merambah ke internet

Di era digital saat ini, calon pelanggan dan konsumen cenderung mencari informasi terkait produk dan layanan secara daring. Untuk itu, menampilkan dan membangun eksistensi merek di ranah daring menjadi sebuah elemen penting dalam menjalankan sebuah  bisnis.

Perhatikan kondisi finansial

Mengubah hobi menjadi bisnis berarti kamu siap untuk memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnismu. Agar tidak tercampur dan mudah mengawasinya, siapkan rekening bank khusus untuk usahamu. Untuk meringankan pekerjaanmu, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa konsultan yang dapat membantu melacak arus kas keuanganmu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pembimbing Calon Wirausaha Dituntut Tingkatkan Kompetensi

Kemenkop UKM Kembangkan 100 Tempat Keterampilan Usaha

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark