Rabu 09 Feb 2022 23:17 WIB

Bupati Madiun: Pers Berperan Besar dalam Pembangunan Desa

Di Kabupaten Madiun sudah tidak ada status desa tertinggal.

Bupati Madiun: Pers Berperan Besar dalam Pembangunan Desa (ilustrasi).
Foto: ANTARA/SISWOWIDODO
Bupati Madiun: Pers Berperan Besar dalam Pembangunan Desa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- Bupati Madiun, Jawa Timur,Ahmad Dawami menyatakan pers memiliki peran yang sangat besar dalam proses pembangunan desa-desa yang ada di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur dengan mendukung dan memberikan kritik terhadap program-program pemerintah.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Madiun, Saya mengucapkan selamat atas Hari Pers Nasional tahun 2022. Pers sangat membantu pembangunan desa dan daerah di Kabupaten Madiun. Semoga seluruh insan pers makin maju," ujar Bupati Ahmad Dawami saat kegiatan tasyakuran sederhana dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Pendopo Muda Graha Madiun, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga

Menurut dia, di Kabupaten Madiun sudah tidak ada status desa tertinggal. Yang ada hanyalah desa berkembang, desa maju, dan desa mandiri. Hal tersebut merupakan "output" sinergitas bersama termasuk peran besar para pers di dalamnya.

Dalam kesempatan ini, Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun menegaskan jika Pemkab Madiun sangat membutuhkan kritik dan saran terkait program dan proses pembangunan yang ada. Hal tersebut dimaksudkan agar Pemerintah Kabupaten Madiun memiliki program yang sejalan dan berintegritas untuk pelayanan kepada masyarakat.

Lanjutnya, insan pers saat ini juga berperan penting dalam memberikan edukasi dan membangun pola pikir serta sikap masyarakat terkait dengan penanganan COVID-19. "Ketika semua masyarakat sudah jenuh terkait informasi mengenai COVID-19 yang menyesatkan, maka insan pers memiliki peran yang sangat besar dalam hal memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat melalui berita," kata dia.

Bupati berharap agar para insan pers dapat menjaga nilai-nilai utama jurnalistiknya sambil terus berinovasi agar tidak tergerus oleh perubahan zaman. Kegiatan tasyakuran tersebut diwarnai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Madiun dan diberikan kepada salah satu perwakilan wartawan.

Peringatan Hari Pers Nasional dirayakan pada setiap tanggal 9 Februari. Hari Pers Nasional (HPN) merupakan peringatan tahunan yang dilaksanakan rutin di Indonesia sejak 1985. Sebagai informasi puncak peringatan HPN Tahun 2022 secara nasional diselenggarakan di Kendari, Sulawesi Tenggara.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement