Universitas Brawijaya Malang Peroleh Akreditasi Unggul

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya | Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Brawijaya (UB) Malang meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi unggul yang diraih UB berlaku hingga 2023.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UB, Shinta Hadiyantina mengatakan, pencapaian akreditasi unggul yang diraih UB kali ini merupakan kerja keras seluruh sivitas akademika.  Para sivitas telah menjalankan budaya mutu sehingga dapat melampaui SN-Dikti dengan internasionalisasi.

Menurut dia, perolehan akreditasi unggul UB  tersebut berdasarkan usulan  Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Peringkat Akreditasi. ISK merupakan instrumen akreditasi tambahan yang digunakan untuk pengambilan keputusan konversi peringkat terakreditasi.

Hal ini diperoleh dengan Instrumen Akreditasi 7 Standar (APT 2.0) menjadi Peringkat Akreditasi baru sesuai dengan Instrumen Akreditasi 9 Kriteria (APT 3.0). Setidaknya terdapat enam pemenuhan tabel ISK.

Enam hal tersebut antara lain Dosen Tetap Perguruan Tinggi, Dosen tidak Tetap, Standar dan Indikator Kinerja dan Pengukuran Kepuasan Pemangku Kepentingan, dan Pelacakan Kinerja Lulusan. Selanjutnya, terdapat aspek Akreditasi Program Studi dan Publikasi Ilmiah.

Selain pemenuhan tabel ISK, tim penjaminan mutu juga membuat Laporan Konversi Peringkat Akreditasi Universitas Brawijaya. Laporan ini berisi tentang Dosen, Sistem Penjaminan Mutu, dan Publikasi Ilmiah.

Wakil Rektor Bidang Akademik UB, Prof Aulanni’am menjelaskan, raihan akreditasi unggul ini berarti UB harus memberikan kualitas unggul di semua bidang. Selain Tri Dharma perguruan tinggi, SDM, kualitas lulusan dan akreditasi Program Studi fasilitas pembelajaran juga harus unggul.

Kemudian juga termasuk bidang kerja sama dengan mitra yang berperan penting untuk mengantarkan lulusan lebih dekat pada dunia kerja. "Banyak institusi yang mempersyaratkan alumni yang berasal dari kualitas perguruan tinggi berdasarkan dari level akreditasinya," katanya.

Sementara itu, Rektor UB Prof Nuhfil Hanani mengungkapkan kebanggaannya bahwa akreditasi unggul merupakan prestasi semuanya. Akreditasi unggul itu merupakan prestasi tertinggi dan membuat UB semakin dihargai oleh masyarakat.

 

Terkait


Prodi Ekonomi UMY Raih Akreditasi Unggul

UMS Borong 19 Akreditasi Unggul BAN PT

PAI UMY Tambah Deretan Prodi Terakreditasi Unggul

Prodi Agribisnis UMM Peroleh Akreditasi Unggul

UMY Jadi PTM Pertama Raih Akreditasi Unggul

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark