Belasan Pasien Covid-19 di Kediri Dirujuk ke Tempat Isolasi Terpusat

Red: Muhammad Fakhruddin

Belasan Pasien Covid-19 di Kediri Dirujuk ke Tempat Isolasi Terpusat (ilustrasi).
Belasan Pasien Covid-19 di Kediri Dirujuk ke Tempat Isolasi Terpusat (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani

REPUBLIKA.CO.ID,KEDIRI -- Belasan warga terkonfirmasi COVID-19 di Kediri, Jawa Timur dirujuk ke lokasi isolasi terpusat yang disiapkan pemkot setempat di bekas gedung Balai Latihan Kerja Kota Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meninjau secara langsung kondisi para pasien dari jarak jauh. Ia menanyakan kabar mereka termasuk memberikan semangat agar mereka segera pulih. "Bagaimana keadaannya? Ada keluhan apa yang dirasakan? Mungkin ada yang merasakan nyeri tenggorokan atau batuk," kata diasaat dialog di lokasi isolasi terpusat itu, Kamis (10/2/2022).

Ia juga bertanya apakah warga yang positif dan dirawat itu sudah ikut vaksinasi. Dari dialog yang dilakukan, rata-rata warga sudah vaksinasi dua kali dan mayoritas mengalami batuk.

Dirinya mengatakan di tempat itu para pasien bisa olahraga ringan sehingga menjadi penyemangat untuk segera pulih. "Ini ada alat olahraga. Nanti kalian bisa olahraga di sini agar tidak bosan. Kalian harus terus semangat," kata Mas Abu, sapaan akrabnya.

Baca Juga

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri Indun Munawaroh mengatakan ada 16 orang yang saat ini dirawat di ruang isolasi terpusat itu. "Untuk lokasi isolasi terpusatnya sudah mulai ditempati tanggal 8 Februari 2022. Ini ada anak-anak dan dewasa, jumlahnya ada 16 orang," katanya.

Ia menambahkan sesuai dengan aturan Kementerian Kesehatan, warga terkonfirmasi positif dan harus dirawat di isolasi terpusat adalah pasien dengan gejala ringan. "Kalau bergejala sedang dan berat harus dirujuk ke rumah sakit, kalau orang tanpa gejala (OTG) cukup melakukan isolasi mandiri di rumah. Aturan Kemenkes itu sudah dikuatkan melalui SOP yang disusun oleh Dinas Kesehatan Kota Kediri," ujar dia.

Ia mengatakan kapasitas ruang isolasi terpusat milik Pemkot Kediri 136 orang dengan fasilitas penunjang perawatan, seperti ruang terbuka untuk olahraga, ruang karaoke, toilet, kebutuhan makan dan minum, akses wifi, ketersediaan obat-obatan dan alat medis, serta petugas siaga 24 jam. "Menghadapi lonjakan pasien ini kami melakukan penambahan tempat tidur untuk penanganan warga yang lanjut usia. Berdasarkan pengalaman saat menghadapi gelombang Delta, lansia perlu penanganan khusus, jadi kita sudah siapkan ruangan khusus untuk lansia," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat yang mengalami gejala-gejala mengarah pada COVID-19 segera melakukan pengecekan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat. Melalui hasil pelacakantersebut, puskesmas berwenang merujuk warga positif COVID-19 ke lokasi-lokasi isolasi berdasarkan gejala yang dialami.

Indun juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. "Untuk masyarakat tidak usah terlalu panik tetapi tetap waspada. Tetap mengedepankan protokol kesehatan, kurangi aktivitas di luar kalau tidak penting, tidak usah karena penyebaran COVID-19 karena aktivitas di luar," kata dia.

Di Kota Kediri, kasus terkonfirmasi COVID-19 hingga Rabu (9/2) ada 117 orang yang dirawat. Pada Rabu, ada tambahan 55 pasien positif COVID-19. Jumlah pasien yang positif juga terus bertambah. Pada Selasa (8/2) ada 20 orang positif COVID-19 dan jumlah yang dirawat 75 orang.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Skema Penutupan Lima Gerbang Tol di Bandung Ditangani Polda Jabar

Dinkes Purbalingga: Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Bertambah 50 Orang

Kasus Positif Omicron di DIY Sebagian Besar dari Wisatawan

Pengawasan Disiplin Prokes di Lingkungan Pasar Tradisional Kembali Diperketat

Peningkatan Angka Kasus Covid-19 di Bandung

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark