Ribuan Personel Amankan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Probolinggo

Red: Muhammad Fakhruddin

Ribuan Personel Amankan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Probolinggo (ilustrasi).
Ribuan Personel Amankan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Probolinggo (ilustrasi). | Foto: ANTARA FOTO/Basri Marzuki

REPUBLIKA.CO.ID,PROBOLINGGO -- Ribuan personel akan mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) yang tersebar di 250 desa secara serentak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (17/2).

Polres Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota, Rabu, menggelar apel pergeseran pasukan di dua lokasi berbeda untuk pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo dengan melibatkan ribuan pasukan gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP Pemkab setempat.

Kapolres Probolinggo AKBP Arsya Teuku Khadafi mengatakan untuk wilayah jajaran nya sebanyak 1.594 personel akan membantu pengamanan pilkades serentak yang terdiri dari anggota Polres setempat, 20 Polres jajaran di tingkat Polda Jatim, Satuan Brimob dan Dalmas Polda Jatim.

"Mereka semua kami kerahkan ke tiap TPS di tiap lokasi pilkades serentak. Bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi dan dilakukan penegakan hukum," katanya di Probolinggo.

Baca Juga

Menurutnya pihaknya menyiapkan pasukan untuk daerah yang dimungkinkan rawan guna menjaga situasi dan kondusifitas Kabupaten Probolinggo dan harapannya pilkades serentak ini bisa berjalan lancar dan aman nantinya.

"Protokol kesehatan juga akan ditegakkan karena kami tidak ingin pilkades itu menjadi klaster baru penyebaran COVID-19, sehingga tetap harus waspada," tuturnya.

Sementara itu Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Arip Budi Cahyono mengatakan pihaknya mengerahkan pasukan TNI sebanyak 650 personel untuk membantu Polres Probolinggo dalam melakukan pengamanan, khususnya di wilayah rawan saat pelaksanaan pilkades.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani menuturkan apel pergeseran pasukan itu dilaksanakan guna mengecek jumlah personel dan sarana untuk pengamanan pilkades serentak 2022, serta personel pengamanan dapat melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh, profesional dan maksimal.

"Sebanyak 616 personel gabungan diturunkan dalam tugas pengamanan pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo yang disebar di 295 TPS di 31 desa yang melaksanakan pilkades serentak yang menjadi wilayah pengamanan Polres Probolinggo Kota," ucapnya.

Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Probolinggo akan digelar pada hari Kamis (17/2) dan sebanyak 723.046 pemilih yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan menggunakan hak pilihnya di 1.847 TPS untuk menentukan kepala desa di 250 desa.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Sukabumi Persiapkan Gelar Pilkades Serentak di 70 Desa

Kabupaten Sukabumi Siapkan Pilkades Serentak 70 Desa

Satu Kecamatan di Probolinggo Masuk Zona Merah Covid-19

Pemkab Probolinggo Gelar Ikrar Damai Pilkades Serentak

37 Desa di Temanggung Bakal Gelar Pilkades Serentak

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark