Kamis 17 Feb 2022 16:27 WIB

SNMPTN 2022, Prodi Saintek Paling Diminati di UNY

Proses SNMPTN dan UTBK-SBMPTN dilakukan secara nasional.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UNY.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UNY.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pendaftaran SNMPTN 2022 dibuka 14 Februari-28 Februari dan kelulusan akan diumumkan 29 Maret 2022. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki kuota untuk SNMPTN 20 persen, SBMPTN 40 persen, dan Seleksi Mandiri maksimal 30 persen.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Prof Margana mengatakan, UNY menjadi pilihan karena merupakan kampus kerakyatan. Jadi, mahasiswa yang kuliah di UNY meliputi dari kalangan bawah, menengah, hingga atas dengan uang kuliah cukup terjangkau.

Selain itu, ia menekankan, lulusan-lulusan UNY memiliki daya adaptasi yang cukup tinggi, sehingga mereka bisa menyesuaikan diri di mana saja. Karenanya, UNY mengusung tagar 'UNY Wae' atau dalam bahasa Indonesia berarti UNY saja.

"Dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka UNY memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah 20 SKS di luar kampus asal," kata Margana, Kamis (17/2).

Kepala Kantor Layanan Admisi UNY, Dr Setya Raharja menuturkan, telah melakukan kegiatan sosialisasi dan promosi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022. Kepada kepsek, guru-guru BK, dan siswa-siswa di daerah seperti Cirebon, Cilacap, dan Madura.

UNY menyediakan 60 prodi S1 yang dapat dipilih calon mahasiswa meliputi 37 program studi kependidikan dan 23 prodi non kependidikan. Calon mahasiswa yang eligible agar segera mendaftar SNMPTN untuk menghindari penumpukan pada akhir pendaftaran.

Program studi dengan peminat tertinggi untuk Jalur SNMPTN Saintek adalah Teknik Sipil dengan daya tampung 13 orang dan animo 633, Pendidikan Teknik Informatika 12 orang dan animo 560, serta Pendidikan Matematika 24 orang dan animo 518.

Kemudian, Teknologi Informasi 12 orang dan animo 510 serta Matematika 24 orang dan animo 419. Sedangkan, untuk jalur Soshum, Prodi Manajemen diminati oleh 3631 orang dengan daya tampung 72, serta PGSD 1.837 orang dengan daya tampung 72.

"Lalu, Ilmu Komunikasi 1.830 orang berdaya tampung 54, Psikologi 1.422 orang berdaya tampung 36 dan Akuntansi 1303 orang berdaya tampung 36," ujar Margana.

Proses SNMPTN dan UTBK-SBMPTN dilakukan secara nasional LTMPT bagi 125 PTN di seluruh Indonesia. Syarat mendaftar jalur SNMPTN 2022 merupakan siswa SMA/SMK/MA yang memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan masing-masing PTN.

Lalu, siswa SMA sederajat tersebut masuk ke siswa yang eligible atas keputusan kepala sekolah, memiliki NISN dan telah terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS, dan tentu saja memiliki akun LTMPT.

Setiap siswa dapat memilih dua prodi dari 1/2 PTN. Namun, jika memilih dua prodi salah satu harus PTN di provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asal. Jika memilih satu prodi dapat memilih PTN di provinsi manapun dan disarankan tidak lintas minat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement