Selasa 22 Feb 2022 09:03 WIB

Jumlah Penonton Konser BTS Dibatasi Hingga 22 Persen

Konser hanya diperbolehkan mendatangkan 15 ribu penonton per pertunjukan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Kelompok musik Korea BTS.
Foto: AP
Kelompok musik Korea BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL – Grup idola Korea Selatan, BTS akan menggelar konser di Stadion Olympic Seoul, Korea Selatan. Konser bertajuk Permission to Dance on Stage-Seoul akan diselenggarakan pada 10 sampai 13 Maret 2022.

Anggota Komite Majelis Nasional Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan, Jeon Yeong KI belum lama ini telah mengungkapkan, jumlah konser musik yang telah disetujui sejak September 2021.  Setidaknya terdapat 149 konser  yang telah digelar sejak kebijakan kehidupan normal selama pandemi Covid-19 berlaku. “Konser telah diizinkan dengan batasan seperti jumlah penonton,” kata Jeon, dilansir laman allkpop, Selasa (22/2/2022).

Konser BTS pada Maret mendatang akan menjadi pertunjukkan dengan jumlah penonton terbanyak selama pandemi Covid-19. Pasalnya, konser dari pelantun Fire ini akan berlangsung di Stadion Olympic Seoul yang memiliki kapasitas 66 ribu penonton.

Namun mengingat ada kebijakan pandemi, maka konser hanya diperbolehkan mendatangkan 15 ribu penonton per pertunjukan sehingga total akan ada 45 ribu penonton selama tiga hari. Jumlah penonton konser kali ini jelas berbeda dengan pertunjukan musik BTS sebelumnya di Korea.

Sebelum Covid-19, grup yang dipimpin Rap Monster ini bisa mengumpulkan 40 ribu penonton untuk setiap jadwal konser. Namun karena Covid-19, hanya 15 ribu kursi atau 22,9 persen dari 65.599 kursi yang tersedia di stadion yang dapat digunakan.

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata menyetujui pertunjukan bisa diadakan dengan batasan 50 persen dari kapasitas 4.000 orang. Namun mengingat konser BTS diadakan di luar ruangan, maka pemerintah memutuskan untuk mengurangi batasan jumlah orang.

"Kami menyetujui dengan persyaratan bahwa jumlah personel manajemen karantina harus lima persen dari jumlah pengunjung di konser. Kami juga akan melakukan inspeksi di tempat,” kata kementerian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement