Warga Bersama Mahasiswa KKN UAD Aktifkan Bank Sampah

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin

Bank sampah yang dioperasikan warga Dusun Blumbang, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DIY bersama dengan mahasiswa KKN UAD.
Bank sampah yang dioperasikan warga Dusun Blumbang, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DIY bersama dengan mahasiswa KKN UAD. | Foto: Dok : istimewa.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Warga yang tergabung dalam Karang Taruna Dusun Blumbang, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DIY, mengaktifkan kembali bank sampah. Bank sampah ini dioperasikan bersama dengan mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Ketua Karang Taruna Dusun Blumbang, Yahya mengatakan, bank sampah tersebut sudah pernah dioperasikan sebelumnya. Namun, sempat berhenti sekitar dua tahun karena pandemi Covid-19.

"Kegiatan ini kita mulai kembali setelah beberapa tahun vakum karena pandemi," kata Yahya dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (23/2).

Bank sampah ini kembali dioperasikan dengan tujuan untuk memanfaatkan sampah rumah tangga, khususnya di Dusun Blumbang. Sampah yang dimanfaatkan tentunya yang memiliki nilai jual.

Baca Juga

"Berikut merupakan sampah yang termasuk dalam kriteria bank sampah yaitu botol plastik, kardus, besi, botol kaca," ujarnya.

Pengambilan sampah, katanya dilakukan dengan cara mendatangi satu-persatu rumah warga. Warga pun juga diminta untuk mempersiapkan sampah sesuai dengan jenisnya yang masuk dalam kriteria bank sampah.

"Sistem pengambilannya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Sampah-sampah yang dimiliki oleh warga, nantinya akan ditimbang dan dibeli sesuai dengan jenis dan harga sampahnya," jelas Yahya.

Yahya menuturkan, pembentukan bank sampah tersebut merupakan inisiasi oleh warga Dusun Blumbang sendiri. Kembali dioperasikannya bank sampah diharapkan dapat bermanfaat dan mensejahterakan warga setempat.

"Warga Blumbang berharap agar kegiatan bank sampah ini dapat bermanfaat bagi warga, baik dari segi Kesehatan lingkungan maupun ekonomi," tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Pemkot Tasikmalaya Upayakan Kurangi Sampah ke TPA Ciangir

KLHK Sebut Bank Sampah Dapat Berkontribusi Turunkan Emisi GRK

Bank Sampah Kedung Asri Tambah Titik Baru Lokasi Penimbangan Sampah

Pemanfaat Sampah oleh Bank Sampah Sahabat Alam

Inovasi Tangani Sampah di Tingkat Rumah Tangga Melalui Baperkam Mart

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark