Kamis 03 Mar 2022 21:34 WIB

Ketua DPR Kunjungi Pulau Oksigen di Sumenep

Gubernur Jatim juga mengajak Ketua DPR RI Puan Maharani untuk membeli buah srikaya.

Ketua DPR Puan Maharani (tengah) berjalan keluar Pasar Tambahrejo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (2/3/2022). Kunjungan kerja Ketua DPR di pasar itu untuk mengetahui secara langsung harga bahan pokok dan ketersediaannya.
Foto: Antara/Didik Suhartono
Ketua DPR Puan Maharani (tengah) berjalan keluar Pasar Tambahrejo, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (2/3/2022). Kunjungan kerja Ketua DPR di pasar itu untuk mengetahui secara langsung harga bahan pokok dan ketersediaannya.

REPUBLIKA.CO.ID,SUMENEP -- Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi Pulau Oksigen di Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis (3/3/2022), untuk melihat secara langsung potensi alam yang terkandung di pulau ini.

Puan tiba di Bandara Udara Trunjoyo Sumenep sekitar pukul 08.50 WIB didampingi Ketua Badan Anggaran DPR RI MH Said Abdullahdan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah.

Baca Juga

Ketua DPR disambut langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Sumenep Ahmad Fauzi, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar, dan Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto.

Rombongan selanjutnya menuju Pulau Oksigen di Giliyang, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep melalui Pelabuhan Kalianget.Saat tiba di Pulau Giliyang, Ketua DPR RI langsung dibonceng oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggunakan sepeda motor Honda Vario warna merah bernomor polisi M 6036 TT menuju titik 0 lokasi oksigen di pulau itu.

Di lokasi ini Puan memperhatikan secara saksama kondisi sekitar sambil sesekali berbincang dengan Ketua Badan Anggaran DPR RI dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanyakan seputar pulau oksigen tersebut.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jatim juga mengajak Ketua DPR RI Puan Maharani untuk membeli dan langsung mencoba buah srikaya khas Pulau Madura, pisang, dan beberapa buah hasil pertanian masyarakat di wilayah itu. "Mumpung Mbak Puan lagi ke Jawa Timur, saya tunjukkan semua keunikan yang dimiliki, jika kemarin saya perkenalkan nanas dengan daun tanpa duri, melon bentuk dadu dan hati, hari ini bersyukur saya berkesempatan mengenalkan pesona Pulau Giliyang. Gili ini belum terlalu populer di kalangan wisatawan. Semoga kehadiran Mbak Puan bisa menambah jumlah wisatawan yang datang ke sini. Ini wisata sehat dan buat awet muda panjang umur. Betapa tidak di sini begitu banyak masyarakat berusia 110 tahunan," kata Khofifah.

Gubernur menuturkan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, diketahui kadar oksigen di Giliyang dalam kondisi normal yaitu sebesar 20,9 persen. Artinya di dalam volume 1 liter udara bebas terkandung 0,209 liter oksigen. Persentase tersebut lebih baik dari kondisi udara di daerah-daerah lain di Indonesia.

"Di sini udaranya sejuk, kita bisa menghirup udara terbaik kedua di dunia. Pemandangannya pun cantik dengan suasana laut yang biru. Cocok untuk menghabiskan waktu istirahat," katanya lagi.

"Semoga lain waktu, wisatawan lainnya berkesempatan mengunjungi Giliiyang. Fenomena oksigen ini tidak ada di pulau lain, cuma ada di Giliyang, Sumenep, Jawa Timur," katanya, menambahkan.

Usai mengunjungi Pulau Oksigen di Giliyang ini, Ketua DPR RI bersama rombongan melanjutkan kunjungannya bertemu dengan para kepala desa di Kabupaten Sumenep.

Ia juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada 1.500 muslimat di Pondok Pesantren (Ponpes) Darut Toyyibah, Legung, Kecamatan Batang-batang, Sumenep.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement