Warga Kudus Digelontor 5.000 Liter Minyak Goreng

Red: Muhammad Fakhruddin

Warga Kudus Digelontor 5.000 Liter Minyak Goreng (ilustrasi).
Warga Kudus Digelontor 5.000 Liter Minyak Goreng (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho/foc.

REPUBLIKA.CO.ID,KUDUS -- Warga Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendapatkan gelontoran 5.000 liter minyak goreng yang dijual Rp14.000 per liter sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Pendistribusian minyak goreng yang dijual sesuai HET (harga eceran tertinggi) ini bekerja sama dengan penyuplai minyak goreng yang kebetulan ada di desa kami," kata Kepala Desa Gulang Aris Subkhan di Kudus, Ahad (6/3/2022).

Untuk menghindari kerumunan, kata dia, maka penjualan minyak goreng yang dikemas dengan pasar murah tersebut digelar di tiga titik berdasarkan wilayah dusun di desa setempat. Sedangkan warga yang hendak membeli harus menunjukkan kupon yang sebelumnya dibagikan.

Penjualan minyak goreng tersebut juga bertepatan dengan pasar rakyat yang kebetulan digelar setiap pekan pertama dalam setiap bulannya.

Baca Juga

Sementara, jumlah keluarga yang mendapatkan kupon pembelian minyak goreng sebanyak 2.500 keluarga, sedangkan masing-masing pemegang kupon mendapatkan maksimal 2 liter minyak goreng.

"Seharusnya satu orang dapat jatah 1 liter minyak goreng, namun pihak Pemdes Gulang turut membantu dalam pendistribusian minyak goreng sesuai HET, sehingga per keluarga mendapatkan 2 liter," ujarnya.

Kegiatan pasar murah tersebut, juga sekaligus menghadapi Ramadhan sehingga warga tidak perlu lagi kesulitan mendapatkan minyak goreng karena belum ada jaminan di pasaran tersedia. Ribuan liter minyak goreng yang dijual sejak pukul 07.00 WIB habis terjual pada pukul 12.00 WIB.

Sifa, salah satu warga Desa Gulang, mengakui berterima kasih bisa mendapatkan minyak goreng sesuai HET, mengingat di pasaran harganya berkisar Rp18.000 hingga Rp20.000 per liter.

"Beberapa kali mendatangi pasar modern juga tidak mendapatkan hasil karena stok minyak goreng sesuai HET sering kali habis, sehingga adanya pasar murah seperti ini memang diharapkan warga," ujarnya.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Stabilkan Harga, Emiten CPO Sinar Mas Tingkatkan Distribusi Minyak Goreng

Harga Komoditas Naik Bareng, Serikat Petani Sebut Sistem Pangan Indonesia Rapuh

Warga di Bandung Antre di Supermarket yang Masih Tutup Demi Minyak Goreng

Gudang Sembako di Ketapang Disidak

Disperindag OKU Kawal Pendistribusian Minyak Goreng

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark