Semeru Erupsi 10 Kali, Warga Diminta Jauhi Lokasi Sepanjang 13 Kilometer

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Gunung Semeru terlihat di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.
Gunung Semeru terlihat di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. | Foto: AP/Hendra Permana

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Gunung Semeru tercatat mengalami erupsi atau gempa letusan sebanyak 10 kali. Kejadian ini tercatat pada Selasa (8/3/2022) periode pukul 06.00 sampai 12.00 WIB.

Petugas Pemantauan Gunung Api Semeru, Liswanto mengatakan, erupsi di Semeru memiliki amplitudo sebesar 11 sampai 24 meter. Kemudian lama gempanya sekitar 55 hingga 75 detik. "Dan saat ini tingkat aktivitas Gunung Api Semeru berada pada level tiga atau siaga," kata Liswanto dalam laporannya, Selasa (8/3/2022).

Dengan adanya kondisi tersebut, warga pun diminta tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer (km) dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan.

Hal ini karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak. Selain itu, Liswanto berharap masyarakat tidak beraktivitas dalam radius lima km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru. Pasalnya, area pada jarak tersebut rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Selanjutnya, warga juga diharapkan mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

Hal ini terutama di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat. Lalu juga mewaspadai potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Pembangunan Huntap Warga Terdampak Semeru Dipercepat

PVMBG: Letusan Gunung Semeru Terjadi Hampir Setiap Hari

Gunung Semeru Kembali Embuskan Awan Panas Guguran Setinggi 1.000 Meter

Operasi Keselamatan Semeru, Polda Jatim Terjunkan 3.879 Personel

Arema FC Tindak Lanjuti Korban Pembacokan di Lumajang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark