Menikmati Paket Lengkap Wisata Keluarga di Taman Sengkaling UMM

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Taman Sengkaling yang berada di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyajikan berbagai wahana yang bisa dinikmati pengunjung.
Taman Sengkaling yang berada di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyajikan berbagai wahana yang bisa dinikmati pengunjung. | Foto: dok. Humas UMM

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebagai kota yang kaya akan destinasi wisata, Malang memiliki banyak tempat untuk berlibur. Hal ini dimulai dari pantai, air terjun, hingga taman rekreasi.

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Malang adalah Taman Rekreasi Sengkaling. Taman wisata di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini memiliki beragam jenis wahana yang bisa dinikmati.

Wahana itu tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak, tapi juga kalangan dewasa. Taman wisata satu ini beroperasi mulai dari jam enam pagi hingga jam lima sore. Fasilitas yang dimiliki Sengkaling juga terbilang lengkap.

Ketika memasuki Sengkaling, pengunjung akan disuguhi oleh deretan kuliner khas Malang yang tergabung dalam Sengkaling Food Festival (SFF). Selain itu, di sebelah kiri tempat loket terdapat penginapan dengan konsep kapal yang diberi nama Kapal Garden Hotel.

Pengunjung juga bisa mampir ke tempat olahraga yang terbuat dari kontainer bernama Workout Container Gym. General Manager Taman Sengkaling UMM, Achmad Mohyi mengatakan, biaya masuk ke wahana Taman Rekreasi Sengkaling terbilang cukup terjangkau.

Pengelola mematok harga Rp 30 ribu pada hari kerja dan Rp 35 ribu pada akhir pekan. "Beberapa fasilitas yang didapatkan adalah free akses ke semua kolam renang, taman satwa, taman kelinci dan beberapa wahana gratis lainnya," ujarnya.

Di samping itu, pengelola juga menyediakan tiket terusan yang dibanderol seharga Rp 60 ribu. Tiket ini berlaku untuk semua kolam renang, Bom-Bom Car, Perahu Naga, Kiddy Train, Bumper Boat, Theater 4 Dimensi, dan Joyland Game Zone.

Secara keseluruhan, wahana di Taman Rekreasi Sengkaling terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu wahana air, wahana permainan, dan tempat satwa. Untuk bagian wahana air, pengunjung akan dimanjakan dengan kolam renang bagi orang dewasa dan anak-anak.

Adapula kolam kapal misteri, kolam pesona primitif, kolam pesona tirta sari, serta kolam cumi-cumi. Sementara itu, area wahana permainan menyediakan kapal misteri, perahu motor, dan sepeda air yang bisa digunakan untuk mengelilingi kolam sengkaling.

Ada juga permainan bom-bom car, bioskop empat dimensi, playground, kiddy train, bumper boat, dan sederet lainnya. Sejak akhir 2021, sengkaling telah memulai langkah baru untuk menggabungkan edukasi dan wisata dalam taman rekreasinya.

Taman Sengkaling telah bekerja sama dengan beberapa sekolah untuk melakukan pelatihan dan pembelajaran. Agenda tersebut meliputi pembelajaran mengenai cara kerja dan pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro.

"Kemudian pesawat terbang, kapal cepat, hingga pelatihan lingkungan hidup," kata dia menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Ribuan Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa, Wali Kota Malang: Bisa Digunakan Satu Bulan

Kota Malang Diharapkan Jadi Pusat Pariwisata Halal di Indonesia

Universitas Brawijaya Kukuhkan Profesor dari FEB dan FMIPA

Ekonomi Kota Malang Diklaim Tumbuh 4,21 Persen

Wali Kota Malang Pantau Distribusi Minyak Curah di Sentra Industri Keripik Tempe Sanan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark