Senin 14 Mar 2022 20:19 WIB

Sleman Kukuhkan 103 Ibu PAUD

Ibu PAUD yang dikukuhkan terdiri dari 17 Ibu PAUD Kapanewon dan 86 Ibu PAUD Kalurahan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) membasuh kaki ibunya dalam rangka memperingati Hari Ibu beberapa waktu lalu.
Foto: Antara/Syaiful Arif
Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) membasuh kaki ibunya dalam rangka memperingati Hari Ibu beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, mengukuhkan Ibu Pembinaan Anak Usia Dini (PAUD) Kapanewon dan Kalurahan seluruh Kabupaten Sleman di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman. Total, terdapat 103 Ibu PAUD yang dikukuhkan dalam Ibu Paud Kapanewon dan Kalurahan.

Pada kesempatan itu, Ibu PAUD yang dikukuhkan terdiri dari 17 Ibu PAUD Kapanewon dan 86 Ibu PAUD Kalurahan. Pengukuhan dilakukan Bupati Sleman secara simbolis dengan pemasangan selempang kepada perwakilan-perwakilan Ibu PAUD Ngaglik.

Kustini berharap, Ibu PAUD yang baru saja dikukuhkan tersebut nantinya dapat berperan untuk memajukan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sleman. Pemkab Sleman berkomitmen untuk terus memberikan akses pendidikan.

Terutama, bagi anak-anak usia dini guna mendukung kesiapan anak-anak memasuki usia sekolah. Meski begitu, Kustini menerangkan, upaya-upaya ini tidak dapat optimal tanpa dukungan dari berbagai pihak, termasuk Ibu PAUD itu sendiri.

"Ibu PAUD memiliki peran strategis sebagai penggerak utama pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini di wilayahnya masing-masing," kata Kustini, Senin (14/3).

Ibu PAUD sendiri merupakan predikat yang diberikan kepada istri-istri kepala pemerintahan dan kepala daerah. Seperti bupati, panewu dan lurah atau yang disandang langsung kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan.

Yang mana, merupakan penggerak utama dalam membina layanan pendidikan bagi anak usia dini, guna mendukung layanan PAUD Berkualitas. Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut Ketua Pokja Ibu PAUD DIY, GKBRAA Paku Alam (Gusti Putri).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana, menuturkan, pengukuhan tersebut merupakan langkah awal bagi Ibu PAUD dalam menjalankan program-program kerja yang ada. Terutama, Bunda PAUD Nasional, yakni Gerakan PAUD Berkualitas.

Ia turut berharap, Ibu PAUD dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayah masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan PAUD. Artinya, Ibu PAUD diharapkan dapat melibatkan kaum ibu secara aktif.

"Mengingat perannya yang sangat penting dalam mendidik anak usia dini dan menjaga kesehatan anak-anak mereka," ujar Ery.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement