Jumat 18 Mar 2022 12:13 WIB

Manfaat Kandungan Madu Hutan Murni untuk Penderita GERD

Madu dinilai efektif mengangkat berbagai penyakit lambung.

Madu (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Madu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Madu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Hal itu disebabkan madu memiliki berbagai kandungan yang sehat dan alami, yang tentunya efektif untuk menjaga stabilitas kebugaran tubuh manusia. 

Madu dinilai efektif mengangkat berbagai penyakit lambung, yang telah diuji oleh pakar kesehatan. Karena memiliki kandungan zat besi, vitamin mineral, enzim, serat, hingga kalium yang mampu mengusir masalah lambung. Seperti penyakit yang dalam dunia medis disebut Gastro Esophageal Reflix Disease (GERD) atau kondisi melemahnya sfingter atau katup kerongkongan bagian bawah, yang mengganggu kesehatan lambung.

Permasalahan lambung sangat mudah dijumpai khususnya masalah GERD, sehingga menjaga kesehatan lambung menjadi perhatian utama.  “Sfingter dikatakan sehat jika dapat terbuka dan tertutup dengan stabil. Artinya sfingfter akan membuka untuk memasukan minuman dan makanan ke arah lambung. Sfingter akan tertutup secara otomatis, jika makanan dan minuman tersebut telah masuk kebagian lambung. Hal ini berfungsi untuk mencegah isi lambung naik kembali ke kerongkongan.” jelas Direktur CV Fira Herbalindo, Yasril, dalam siaran pers, Jumat (18?3/2022).

Ia juga menambahkan, pada penderita GERD, katup atau sfingter ini melemah dan tidak dapat menutup dengan baik. "Kondisi inilah yang menyebabkan makanan dan asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan lapisan kerongkongan teriritasi," katanya.

Penyebab utama GERD adalah pola hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur. Asam lambung yang naik biasanya ditandai dengan mulut terasa asam, nyeri ulu hati, kesulitan menelan, gangguan pernafasan, serta mual dan muntah.

Meskipun bukan penyakit menular, GERD yang dibiarkan secara terus-menerus dapat menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Gejala GERD dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan dan memperbaiki pola hidup dengan menghindari makanan yang memicu naiknya asam lambung, seperti alkohol, cokelat, mint, kopi, makanan pedas dan berlemak, serta susu. Selain itu, penderita GERD baiknya berhenti merokok dan menjaga berat badan tetap ideal. 

Khasiat madu Zestmag juga terbukti mengatasi gejala GERD. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi madu Zestmag dengan rutin. Komposisi vitamin yang terkandung dalam madu Zetmag dapat menstabilkan kesehatan lambung, sehingga dapat bekerja dengan normal.

Kandungan madu ini meliputi, Curcumae domestica rhizoma yang berfungsi sebagai antibiotik untuk menetralisir sisa pencernaan. Sisa-sisa pencernaan yang tidak terurai dan terserap oleh tubuh akan mengendap di dalam usus, sehingga membuatnya meradang.  Selain itu, terdapat juga kandungan Curcumae xanthorizza rhizoma yang mampu menghambat penyerapan gula, lemak, dan kolesterol dalam tubuh.

Tidak sampai di situ. Madu Zestmag juga memiliki kandungan lain, seperti Cinnamomum burmanni yang mampu meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan makanan. Kandungan ini juga berkhasiat meredakan pepsi, dari dinding lambung dan meredakan asam lambung.  Manfaat lainnya adalah kandungan Nigella sativa yang berperan sebagai antioksidan, dan berfungsi sebagai anti peradangan. Sementara kandungan Coriandrum sativum berperan membantu produksi enzim pencernaan, sehingga proses pencernaan lebih mudah dan mengurangi perut kembung.

Dilansir dari laman Infosehatlambung.com, khasiat madu Zestmag tidak hanya mengatasi GERD. Madu Zestmag  juga membantu meningkatkan sistem imun dan memperbaiki fungsi saluran pencernaan, mengatasi radang usus, perut kembung, hingga maag kronis. Madu ini juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dan nafsu makan pada anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Sehingga madu Zestmag sangat aman untuk dikonsumsi harian, untuk menjaga kebugaran dan kesehatan sistem tubuh manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement