Borobudur Merapi Golf Tournament Diharapkan Bangkitkan UMKM Ekonomi Kreatif 

Red: Fernan Rahadi

Golf (ilustrasi)
Golf (ilustrasi) | Foto: Wordpress

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Borobudur Golf, Merapi Go-Jateng meluncurkan produk wisata berporos turnamen golf yang berlangsung selama dua hari per bulan untuk satu tahun ke depan yaitu Borobudur Merapi (BoMer) Golf Tournament Series. Turnamen golf ini merupakan salah satu inisiatif program yang mampu mempromosikan UNESCO Heritage Borobudur dan UNESCO Biosfer Gunung Merapi. 

Turnamen golf ini akan digelar pada 22-23 Maret 2022 dengan tema “Creative Economy”. "Harapannya (pagelaran ini) dapat membangkitkan dan mengenalkan produk-produk UMKM DIY-Jateng  kepada golfer yang datang dari seluruh Indonesia," ujar Ketua Komite BoMer, Boy Arvadino Hadisantoso, dalam siaran pers, Sabtu (19/3/2022).

Representasi dari “Creative Economy" ini nantinya akan ada dalam bentuk pameran karya produk lokal Indonesia serta mengangkat cinta produk Indonesia. Pameran ini diharapkan dapat memperkenalkan karya kreatif dan produk unggulan dari pengrajin kepada golfer yang telah hadir. 

"Tentunya merupakan solusi bagi UMKM bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi Covid-19," kata Boy menambahkan.

Selain hal tersebut, kehadiran BoMer diharapkan dapat memberikan domino efek yang positif terhadap dunia perhotelan, transportasi, kuliner hingga berbagai destinasi wisata sekitar DIY-Jateng. "Harapan ke depannya terciptanya sport tourism sehingga para peserta turnamen mendapatkan pengalaman beyond permainan golf tersebut," kata Boy.

Turnamen ini diharapkan juga mampu mengangkat golf DIY tidak hanya di level nasional saja namun di level internasional serta dapat menjadi momentum pembenahan infrastruktur golf di wilayah DIY. Sultan juga menuturkan bahwa BoMer Golf Tournament dapat menjadi event untuk wisatawan khususnya golfer, dengan harapan mereka mempunyai kemauan berwisata sekaligus melakukan permainan golf di lain tempat.

“Sejauh ini sudah ada 120 pemain golf yang registrasi untuk turnamen Creative Economy dari seluruh Indonesia dan harapannya akan terus meningkat,” tutur Boy.

Boy berharap secara keseluruhan turnamen ini dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata DIY yang secara umum terdampak akibat pandemi Covid-19. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi, Boy memastikan kegiatan nanti akan melalui protokol kesehatan yang ketat.

Turnamen ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. “Pertandingan golf ini diadakan setiap bulan, sehingga harapan saya, dengan demikian mempunyai aktivitas yang semakin baik. Bagaimanapun seluruh program pariwisata akan mendukung penuh program pemerintah pengembangan Borobudur dan Kawasan Joglo Semar. Terlebih ada Airport International (YIA). Saya kira prospeknya akan lebih baik," tutur Sultan meyakini. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Ternyata Sejak Pandemi, Olah Raga Lobi Ini Digemari Milenial

Dekati Usia 50 Tahun dan Cedera, Seperti Apa Kabar Tiger Woods Saat Ini?

Mobil Golf Namanya Apa Sih? Ini Penjelasan dan Jenis Mobil Golf untuk Kamu Ketahui

Samuel L Jackson Minta Hal Unik ini di Setiap Kontrak Film

144 Pegolf Siap Meriahkan Turnamen Golf Piala Menpora 2021

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark