Seluruh Prodi di UMP Siap 'Go International'

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Universitas Muhammadiyah Purwokerto. | Foto: UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah, melakukan kolaborasi yang dilaksanakan dengan Management and Science University (MSU) Malaysia. Kolaborasi antara UMP-MSU telah berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan untuk kolaborasi dalam kegiatan akademik, sosial, dan kegiatan budaya lainnya.

Dalam kunjungannya ke UMP untuk membahas agenda kerja sama pada 15 Maret 2022, perwakilan dari departemen urusan internasional MSU, Ahmad Pitra, menegaskan kembali komitmen MSU untuk selalu menjadi mitra bagi UMP.

Menurutnya, UMP merupakan salah satu universitas yang berkembang sangat pesat, mempunyai sumber daya yang bagus dan mempunyai visi dan misi pengembangan universitas yang futuristik. Alasan inilah yang menjadi salah satu alasan MSU menjadikan UMP sebagai salah satu mitra strategisnya.

“UMP adalah mitra strategis bagi MSU, dan kita selalu siap untuk berkolaborasi dengan UMP," ujar Ahmad Pitra, Senin (21/3/2022). Acara ini juga dihadiri oleh seluruh program studi (prodi) di UMP.

Kepala Biro Urusan Internasional (BUI) UMP, Condro Nur Alim, memaparkan kebijakan internasionalisasi yang dikembangkan di UMP. Internasionalisasi di UMP bertujuan untuk meningkatkan kualitas prodi dan universitas sehingga mendapatkan regoknisi di tingkat internasional.

Selain itu, kegiatan internasional akan dapat membantu prodi untuk mendapatkan peringkat akreditasi yang lebih baik dan memfasilitasi seluruh sivitas akademika agar bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan internasional.

“Internasionalisasi prodi menjadi kata kunci dalam internasionalisasi universitas, sehingga ke depannya kita dorong untuk tiap prodi minimal harus mempunyai mitra universitas luar negeri dan meningkatkan kerja sama internasionalnya," jelas Condro.

Dalam pertemuan tersebut disepakati beberapa poin penting kerja sama antara MSU dan UMP yang akan diimplementasikan dalam waktu dekat, antara lain pertukaran mahasiswa (student exchange), kuliah dosen tamu (guest lecture), kerja sama penelitian dan publikasi (joint research and publication), dan juga konferensi bersama (join conference).

“Kegiatan kolaborasi ini sangat penting bagi UMP, dalam rangka mewujudkan cita-cita UMP menjadi universitas yang unggul dan mempunyai reputasi internasional," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


FAI UMP Kerja Sama dengan 35 Sekolah Muhammadiyah di Tegal

IPB University Jalin Kerja Sama dengan Universitas Insan Cita Indonesia

UII dan UTM Tanda Tangani MoU Kerja Sama Riset

Pemprov Jabar dan Jatim Kerja Sama Soal Pangan Hingga Baterai Mobil Listrik

Kelompok Ternak Rumah Zakat Jalin Kerja Sama dengan Modern Bakti Limar Farm

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark