Senin 21 Mar 2022 16:25 WIB

UMY Sukseskan Fondo Academy 2022

Seminar menjadi bumbu nuansa akademis Fondo Academy 2022.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
UMY Sukseskan Fondo Academy 2022 (ilustrasi).
Foto: Wahyu Suryana.
UMY Sukseskan Fondo Academy 2022 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Fondo Academy 2022. Sebanyak 50 peserta menempuh jarak 115 kilometer rute UMY, Sedayu, Srandakan, Tugu Pensil, Wates Kota, Sermo, PPSJ, Sribit, Nanggulan, Dekso dan terakhir UMY.

Dalam sambutannya, Rektor UMY, Prof Gunawan Budiyanto, memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan Fondo Academy ini. Khususnya kepada atensi dan antusiasme peserta-peserta yang berasal tidak cuma dari internal tapi eksternal universitas.

Baca Juga

"Harapannya, event seperti ini akan terus berlanjut pada tahun-tahun selanjutnya digabungkan dalam agenda-agenda lain seperti bakti sosial atau menanam pohon sehingga bisa memiliki makna yang lebih dalam dan dinantikan oleh masyarakat," kata Gunawan.

Setelah berhasil sampai ke garis akhir, selayaknya sebuah institusi pendidikan, peserta-peserta yang disebut sebagai lulusan ini turut menjalani prosesi wisuda. Mereka mengikuti proses penyematan medali dan pemberian ijazah oleh Rektor UMY.

Ferdi Ramadan Ardianto dengan nomor induk mahasiswa (nim) 2022/009 menjadi wisudawan tercepat. dalam Fondo Academy 2022. Hal menarik lain dari gelaran Fondo Academy ini tidak lain dari beragamnya peserta-peserta yang mengikuti.

Mulai dari peserta paling muda yang masih berusia 16 tahun sampai peserta paling tua yang berusia 74 tahun, serta tiga peserta perempuan. Selain itu, setelah prosesi wisuda berlangsung, sebuah seminar bertajuk Professor Talk dilaksanakan.

Seminar menjadi bumbu nuansa akademis Fondo Academy 2022. Dimoderatori oleh drg Edwyn Saleh membahas Tips Meningkatkan Endurance dalam Bersepeda. Endurance ini kemampuan bertahan pesepeda mengayuh sepeda di jalan dan jarak yang bervariasi.

"Agenda yang masih menjadi rangkaian kegiatan dari Milad UMY ke 41 ini mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak," ujar Gunawan.

Fondo Academy 2022 ini diklaim sebagai agenda bersepeda nuansa akademis pertama di Indonesia. Ketua Pelaksana Fondo Academy 2022, Slamet Riyadi menilai, sebagai pendidikan tinggi selayaknya nuansa akademis menjadi landasan setiap kegiatan.

Inilah yang menjadi latar dari pemilihan nama Fondo Academy. Fondo sendiri merupakan istilah untuk aktivitas bersepeda yang jarak tempuhnya mencapai 100 kilometer, ditambah berbagai istilah dalam dunia akademik memperkuat suasana.

"Contohnya, peserta disebut sebagai lulusan, serta akan mendapatkan medali dan ijazah pada prosesi wisuda," kata Slamet. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement