Senin 21 Mar 2022 23:37 WIB

Tempat Penampungan Sementara Pedagang Pasar Turi Surabaya Dibongkar

Target pembongkaran TPS Pasar Turi bisa selesai dalam sepekan ke depan.

Pedagang mengeluarkan barang dagangan dari lokasi Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Senin (21/3/2022). Para pedagang di tempat itu mengosongkan lapaknya menyusul akan dibongkarnya TPS tersebut karena gedung Pasar Turi Baru telah siap ditempati.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono/wsj.
Pedagang mengeluarkan barang dagangan dari lokasi Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Senin (21/3/2022). Para pedagang di tempat itu mengosongkan lapaknya menyusul akan dibongkarnya TPS tersebut karena gedung Pasar Turi Baru telah siap ditempati.

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya membongkar tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Turi yang sebelumnya ditempati pedagang selama 15 tahun atau pascakebakaran pasar tersebut pada tahun 2007.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan, pembongkaran TPS dilakukan setelah seluruh barang dagangan milik 157 pedagang TPS dipindahkan ke Pasar Turi Baru. "Kami mengerahkan enam unit alat berat (backhoe) dan 20 unit truk pengangkut barang," katanya di Surabaya, Senin (21/3/2022).

Baca Juga

Menurut Eddy, truknya setelah digunakan untuk mengangkut barang pedagang, kemudian digunakan untuk mengangkut material sisa pembongkaran. Dia berharap bisa selesai semua hari ini, kecuali pilarnya, karena butuh waktu.

Dikatakannya, target pembongkaran TPS Pasar Turi bisa selesai dalam sepekan ke depan karena ada beberapa material permanen yang sulit dirobohkan. "Pasukan gabungan kami ada 1.400, terdiri dari Satpol PP, BPBD, Kepolisian dan TNI," ujar Eddy.

Pemindahan pedagang dan pembongkaran TPS Pasar Turi ini bukan berarti tanpa kendala, Eddy menceritakan, sempat ada sedikit masalah yaitu ada sebagian pedagang yang belum menerima kunci stan di Pasar Turi Baru. Namun, lanuut dia, masalah ini tidak sampai berkelanjutan dan telah ditemukan titik temu pada Minggu (20/3) sore.

Kini, seluruh pedagang TPS Pasar Turi bisa bernapas lega, karena PT Gala Bumi Perkasa selaku investor sudah memberikan kunci stan Pasar Turi Baru. Oleh karena itu, ia memastikan pembongkaran TPS Pasar Turi bisa berjalan lancar serta kondusif. "Minggu (20/3) malam itu baru oke, komunikasi soal kunci stan dengan 10 koordinator pedagang. Nanti pedagang yang mau mendapatkan kunci bisa ke lantai 5 Pasar Turi Baru. Tentu, pedagang harus membawa beberapa persyaratan dokumen yang sudah ditentukan. Jangan sampai tidak punya bukti, lalu minta kunci, ya salah," kata Eddy.

Salah satu pedagang di TPS Pasar Turi Taufik bin Hawan mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan surat edaran terkait pemindahan barang dagangan dari Pemkot Surabaya pada Sabtu (19/3) lalu. "Katanya hari ini terakhir pindahan, kemudian dibongkar," ujar Taufik.

Pemindahan barang dagangan ini dinilai Taufik terlalu mepet waktunya karena untuk bisa tuntas memindahkan barang itu butuh waktu kurang lebih sepekan. Disisi lain, ia merasa senang, karena sudah sejak lama dirinya menantikan untuk pindah ke stan Pasar Turi yang baru.

"Secara pribadi, kami menyambut baik dan saya siap pindah kapanpun, karena kondisi di TPS ini sudah memprihatinkan. Semenjak kepemimpinan Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) baru berani pindah," kata pedagang pakaian safety TNI/Polri itu.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement