Wisata Taman Mas Kemambang Purwokerto akan Dibuka Jelang Lebaran

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin

Lokawisata Balai Taman Mas Kemambang, Banyumas.
Lokawisata Balai Taman Mas Kemambang, Banyumas. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID,BANYUMAS -- Wisata Taman Mas Kemambang, Purwokerto, Kabupaten Banyumas akan segera dibuka sebelum lebaran mendatang.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas menebar bibit ikan nila di kolam Taman Mas Kemambang, Selasa (22/3/2022) pagi.

Benih yang ditebar berupa nila merah dan nila hitam 22.500 ekor. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan pembukaan tempat wisata ini yang akan dibuka sebelum lebaran mendatang.

Menurut Bupati Husein, penebaran ikan di kolam Mas Kemambang, yang akan menjadi tempat pariwisata ikan menjadi penting. Para wisatawan nantinya dapat berjalan-jalan menyaksikan ikan dan bila memungkinkan akan dijadikan tempat pemancingan.

Baca Juga

“Hari ini penebaran ikan di Mas Kemambang yang akan menjadi tempat wisata. Rencananya sebelum lebaran, tempat wisata ini akan dibuka,” kata Bupati.

Selain menebar ikan, Bupati juga melihat sarana prasana lain yang perlu untuk ditingkatkan, agar saat dibuka para wisatawan dapat menikmati ikon baru wisata yang ada ditengah Kota Purwokerto ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas Ir Sulistiono, M.Si mengatakan penebaran ikan di Kolam Taman Mas Kemambang jenis ikan nila merah dan nila hitam.

“Hari ini ikan Nila yang ditebar jenis nila ukuran 5-7, yang nantinya diharapkan akhir bulan April mencapai 9-12 yang layak untuk penebaran. Kali ini pra panebaran. Untuk sementara yang ditebar nilai merah jumlahnya sebanyak 7.500 ekor dari rencana yang 30 ribu ekor, masih kurang 22.500 yang akan ditebar di kolam yang masih kosong. Sementara nila hitam sudah diterbar 15 ribu ekor sudah sesuai rencana,” jelasnya.

Kolam yang baru ditebar bibit berukuran 1720 meter persegi untuk kolam kapasitas 15 ribu ekor ikan. Kemudian di kolam 1000 meter persegi dengab kapasitas ditebar 7500 ekor ikan.

 

Terkait


Pemprov Jabar Akan Segera Revitalisasi Situ Gede, Segini Anggarannya

9 Tips Cerdas Menikmati Liburan dengan Budget Minim

Pemkab Magetan Persiapkan 10 Desa Wisata Ikuti ADWI 2022

Pemda DIY Kerahkan Tim Kesehatan Kawal Sistem Bubble untuk Tamu G20

Polres Semarang Perluas Vaksin Booster Bagi Pekerja Wisata

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark