Pembongkaran TPS Pedagang Pasar Turi Surabaya Tuntas

Red: Muhammad Fakhruddin

Petugas menggunakan alat berat membongkar tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (22/3/2022). Tempat penampungan sementara (TPS) yang merupakan tempat berjualan sementara bagi pedagang Pasar Turi pascakebakaran itu kini dibongkar karena gedung Pasar Turi Baru telah siap ditempati.
Petugas menggunakan alat berat membongkar tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (22/3/2022). Tempat penampungan sementara (TPS) yang merupakan tempat berjualan sementara bagi pedagang Pasar Turi pascakebakaran itu kini dibongkar karena gedung Pasar Turi Baru telah siap ditempati. | Foto: ANTARA/Didik Suhartono

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Pembongkaran tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Turi di Jalan Pasar Turi serta Jalan Dupak Raya menuju ke Jalan Tembaan, Kota Surabaya, Jatim, yang dilakukan sejak Selasa (22/3), akhirnya tuntas pada Rabu ini (23/3/2022).

"Saat ini tinggal pembersihan sisa material bangunan TPS Pasar Turi," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya Eddy Christijanto di sela kegiatan pembongkaran TPS Pasar Turi.

Menurut dia, sisa material bangunan berupa tiang pancang besi, kayu, hingga reruntuhan tembok itu diangkut satu persatu menggunakan truk. Kemudian material-material ini dibawa ke gudang milik pemkot yang ada di kawasan Tanjungsari dan Sememi, Kecamatan Benowo.

Pada saat pembongkaran, pemkot menerjunkan lima alat berat berupa backhoe. Bahkan, petugas Satpol PP, BPBD Surabaya, Dinas Perhubungan (Dishub) dan TNI/Polri juga disiagakan melakukan pengamanan dan mengatur arus lalu lintas selama proses pembongkaran.

Baca Juga

Eddy mengatakan, pengangkutan sisa material bangunan TPS Pasar Turi dibantu oleh petugas dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya. Pengangkutan materialnya sudah dimulai dari Selasa (22/3) pagi hingga malam, kemudian dilanjutkan kembali pada Rabu ini.

"Karena memang ini jalurnya kalau pagi sampai pukul 19.00 WIB padat. Sehingga kami tidak ingin mengganggu lalu lintas, makanya kami laksanakan di malam hari. Karena Jalan Dupak Raya kan termasuk jalur padat menuju ke kota," kata Eddy.

Eddy juga menyebutkan, pembersihan material bongkaran, ditargetkan selesai sebelum tanggal 28 Maret 2022. "Kalau sampai bersih seluruhnya diperkirakan sebelum tanggal 28 Maret 2022. Kami upayakan sudah selesai semua," ujar Eddy.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya Irvan Widyanto sebelumnya mengatakan, setelah dibongkar dan dibersihkan, eks-lokasi TPS Pasar Turi akan digunakan sebagai akses jalan menuju ke Pasar Turi Baru. "Yang jelas nanti untuk jalan, agar akses menuju ke Pasar Turi Baru lebih mudah," kata Irvan.

Selain itu, Irvan menjelaskan, Pemkot Surabaya juga melakukan penataan estetika di kawasan tersebut. Harapannya, setelah dilakukan penataan nanti dapat memperlancar arus lalu lintas di kawasan Jalan Pasar Turi dan sekitarnya. "Jadi, secara estetika juga akan ditata, sehingga yang selama ini mungkin agak semrawut dari sisi lalu lintas, diharapkan menjadi lancar," ujar dia.

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Pembongkaran Tempat Penampungan Sementara Pasar Turi

Tempat Penampungan Sementara Pedagang Pasar Turi Surabaya Dibongkar

Ribuan Pedagang Kembali Tempati Pasar Turi Baru Surabaya

Mangkrak 15 Tahun, Pasar Turi Baru Kembali Dioperasikan

Mangkrak 15 Tahun, Pasar Turi Baru Surabaya Kembali Dioperasikan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark