Poling Rumah Zakat Perkuat Gerakan Lansia Sehat di Gunungkidul

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Peluncuran program Pos Lansia Keliling (Poling) Rumah Zakat di Gunungkidul.
Peluncuran program Pos Lansia Keliling (Poling) Rumah Zakat di Gunungkidul. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSARI -- Rumah Zakat meluncurkan Pos Lansia Keliling (Poling) yang menjadi gerakan lansia sehat berdaya lindungi ancaman aksi bunuh diri (gelas sinuri). Ini jawaban persoalan sosial, terutama fenomena gantung diri kalangan lansia.

MoU dilakukan di Pos Lansia Husnul Khotimah Kalurahan Pacarejo. Ditandatangani Kepala UPT Puskesmas Semanu II Hery Sudaryanto, Lurah Pacarejo Suhadi, dan Ketua LKS Pos Lansia Husnul Khotimah, dan fasilitator Rumah Zakat Ratno Sungkowo.

Penandatanganan MoU dilaksanakan setelah peluncuran Pos Lansia Keliling yang dilakukan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawati. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi inisiasi Rumah Zakat yang menelurkan program.

Dengan rumah besar Desa Ramah Lansia melalui berbagai kegiatan pelayanan di Pos Lansia Husnul Khotimah. Dewi mengaku sangat senang melihat mbah-mbah yang ada di Pos Lansia Husnul Khotimah, dan berharap kerja sama ini dapat terus berkembang.

"Ini sangat sesuai dengan program Gelas Sinuri, dan kita sangat apresiasi sekali dengan adanya mobil siaga lansia yang pertama di Gunungkidul ini. Semoga dengan peluncuran Pos Lansia Keliling ini, lansianya semakin sehat dan bahagia, amin," kata Dewi, Kamis (24/3/2022).

Agenda ini disaksikan pula Kepala Dinsos DIY Agus Setiyanto, Kepala Dinas Sosial Gunungkidul Endang Ismiati, Camat Semanu Sutarno, Bhabinkamtibmas Pacarejo Asep Zainal, Dukuh Jetis Kulon Aswandi, dan Program Head Rumah Zakat DIY Didik Agus.

Rencananya, melalui program Poling ini tim relawan siaga lansia akan berkeliling ke seluruh wilayah padukuhan di Kalurahan Pacarejo. Dilaksanakan setiap Ahad di salah satu padukuhan bertempat di balai padukuhan atau tempat fasilitas umum.

Sasaran utama warga lansia sekitar lokasi pelaksanaan Poling. Program Head Rumah Zakat DIY, Didik Agus menuturkan, Rumah Zakat lewat LKS Pos Lansia Husnul Khotimah sebagai LKS binaan sudah menggulirkan Desa Ramah Lansia sejak Februari 2019.

"Melalui program Desa Ramah Lansia ini Rumah Zakat berusaha mewujudkan lingkungan fisik dan sosial bagi lansia untuk memenuhi kebutuhan hidup lansia, sehingga lansia tetap sehat, aktif, dan produktif," ujar Didik.

Acara peluncuran Poling ini diisi pula dengan senam lansia, sarapan bersama sego berkat, dan panen bersama sayuran di Kebun Gizi Lansia. Yang mana, pengelolaannya dilakukan oleh KWT Marsudi Lansia dan simbah binaan Pos Lansia Husnul Khotimah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Rumah Zakat Perkuat Gerakan Lansia Sehat di Gunungkidul

Rumah Zakat Targetkan Bantu 80 Ribu Penerima Manfaat pada Bulan Ramadhan

Rumah Zakat Aceh Bantu Komunitas Wareh Nanggroe

Peringati Isra Mi'raj Rumah Zakat Salurkan Santunan bagi Para Janda

Minyak Goreng Langka, Rumah Zakat Berikan Binaan Kelola Stres

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark