Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Aplikasi Blangkon Jateng

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Aplikasi Blangkon Jateng (ilustrasi).
Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Aplikasi Blangkon Jateng (ilustrasi). | Foto: Antara/Muhammad Adimaja

REPUBLIKA.CO.ID,BATANG -- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, bisa memanfaatkan aplikasi Blangkon Jateng (Belanja Langsung Toko Online Jawa Tengah) dan pemasaran daring sebagai upaya memudahkan promosi dan pemasaran produk agar lebih dikenal oleh konsumen secara luas.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan bahwa pemkab berkomitmen membantu pengembangan usaha pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan pemasaran produk.

"Para pelaku UMKM kami berikan pelatihan untuk mempromosikan melalui media Facebook atau langsung ke tempat pasar (marketplace) yang sangat beragam," katanya, Kamis (24/3/2022).

Menurut dia, dalam rangka meningkatkan produk dalam negeri, pihaknya juga memberikan kesempatan pada pelaku UMKM untuk mengikuti pengadaan barang pemerintah melalui market place namun khusus di Kabupaten Batang bisa memanfaatkan aplikasi Blangkon Jateng.

Baca Juga

"Dengan melalui aplikasi bisa mempermudah produk pelaku UMKM bisa dibeli oleh pemerintah. Kemudian, mereka juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk pada konsumen," katanya.

Ia yang didampingi Pengawas Koperasi Ahli Muda Disperindag dan UKM Kabupaten Batang Irma Aini Herawati aplikasi Blangkon Jateng bisa membantu pelaku UMKM untuk mengetahui sejauh mana penjualan seperti katering dan persewaan alat transportasi dan usaha lainnya.

Kemudahan dengan memanfaatkan aplikasi Blangkon Jateng, kata dia, pengguna langsung memesan barang yang diinginkan kepada UMKM yang dituju. "Biayanya juga langsung ditransfer ke nomor rekening pelaku UMKM," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Pemkab Batang Bangun Pusat Kuliner dan Kerajinan UMKM

Produksi Shuttlecock Kabupaten Batang Tembus Malaysia

Bupati Batang Ajak Mahasiswa Undip Berinvestasi di Usia Muda

Pemkab Batang Serahkan Penghargaan Sekolah Adiwiyata pada Delapan SD

Mantan Warga Binaan Kelola Ternak Majelis Daarut Taubah Lapas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark