Kamis 24 Mar 2022 23:13 WIB

Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Aplikasi Blangkon Jateng

Pemkab berkomitmen membantu pengembangan usaha pelaku UMKM.

Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Aplikasi Blangkon Jateng (ilustrasi).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Pemkab Batang Dorong Pelaku UMKM Manfaatkan Aplikasi Blangkon Jateng (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BATANG -- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, bisa memanfaatkan aplikasi Blangkon Jateng (Belanja Langsung Toko Online Jawa Tengah) dan pemasaran daring sebagai upaya memudahkan promosi dan pemasaran produk agar lebih dikenal oleh konsumen secara luas.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan bahwa pemkab berkomitmen membantu pengembangan usaha pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan pemasaran produk.

Baca Juga

"Para pelaku UMKM kami berikan pelatihan untuk mempromosikan melalui media Facebook atau langsung ke tempat pasar (marketplace) yang sangat beragam," katanya, Kamis (24/3/2022).

Menurut dia, dalam rangka meningkatkan produk dalam negeri, pihaknya juga memberikan kesempatan pada pelaku UMKM untuk mengikuti pengadaan barang pemerintah melalui market place namun khusus di Kabupaten Batang bisa memanfaatkan aplikasi Blangkon Jateng.

"Dengan melalui aplikasi bisa mempermudah produk pelaku UMKM bisa dibeli oleh pemerintah. Kemudian, mereka juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk pada konsumen," katanya.

Ia yang didampingi Pengawas Koperasi Ahli Muda Disperindag dan UKM Kabupaten Batang Irma Aini Herawati aplikasi Blangkon Jateng bisa membantu pelaku UMKM untuk mengetahui sejauh mana penjualan seperti katering dan persewaan alat transportasi dan usaha lainnya.

Kemudahan dengan memanfaatkan aplikasi Blangkon Jateng, kata dia, pengguna langsung memesan barang yang diinginkan kepada UMKM yang dituju. "Biayanya juga langsung ditransfer ke nomor rekening pelaku UMKM," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement