Menteri PPPA Kecam Ayah Perkosa Anak Kandung di Solo

Red: Muhammad Fakhruddin

Menteri PPPA Kecam Ayah Perkosa Anak Kandung di Solo (ilustrasi).
Menteri PPPA Kecam Ayah Perkosa Anak Kandung di Solo (ilustrasi). | Foto: sripoku.com

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengecam keras perbuatan keji seorang ayah kandung di Solo, Jawa Tengah, yang memperkosa berulang kali anak perempuannya yang masih berusia 13 tahun.

Menteri Bintang mendorong agar hukum ditegakkan seadil-adilnya untuk kasus tersebut, dan jangan ada toleransi. "Fakta, lingkungan keluarga atau lingkungan terdekat anak tidak sepenuhnya aman menjadi pembelajaran bahwa penting untuk membekali anak-anak kita dengan pengetahuan dan keberanian untuk melaporkan kekerasan yang ditemui atau dialami, sebagai salah satu bentuk upaya melindungi diri sendiri," kata Menteri Bintang, Jumat (25/3/2022).

Ia mengatakan karena Kota Solo sudah meraih predikat Kota Layak Anak (KLA), harapnya penanganan kasus ini bisa lebih baik dan komprehensif. Bintang berharap kasus tersebut segera diselesaikan dengan tuntas dan ada efek jera bagi pelaku.

Ia menyayangkan terjadinya kasus ini, sebab pelaku yang merupakan ayah kandung korban seharusnya menjadi sosok yang bisa melindungi dan mengayomi korban.

Baca Juga

Menurut dia, pelaku dapat dikategorikan sebagai predator anak berperilaku menyimpang yang kelakuannya sudah tidak bisa ditoleransi, sehingga perlu adanya efek jera.

Pelaku berinisial AA (36) merupakan warga Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, memperkosa anak kandungnya yang masih berusia 13 tahun. Kasus ini dilaporkan oleh ibu kandung korban berinisial MEP (31) warga Kecamatan Jebres, Kota Solo, ke Polresta Solo.

Saat ini pelaku AA ditahan di Polresta Solo untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tersangka AA mengaku telah memperkosa anak kandungnya itu sejak Desember 2021. AA melakukan aksi bejat terhadap korban berulang kali di kamar yang sama saat istrinya sedang tidur.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


KemenPPPA Jamin Ayah Pemerkosa Anak di Tangerang Diganjar Hukuman

Kapolresta Pekanbaru: Penyidikan Perkosaan Anak Terus Berlanjut

Dukungan Orang Terdekat Penting untuk Pemulihan Korban Perkosaan Anak 14 Tahun

Kebiri, Penjara Seumur Hidup, atau Hukuman Mati!

Karikatur Opini 'Perindungan Anak Perempuan'

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark