Pemkab Magetan Dukung Pengembangan Wisata Kebun Jeruk Pamelo

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Magetan Dukung Pengembangan Wisata Kebun Jeruk Pamelo (ilustrasi).
Pemkab Magetan Dukung Pengembangan Wisata Kebun Jeruk Pamelo (ilustrasi). | Foto: Flickr

REPUBLIKA.CO.ID,MAGETAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur mendukung wisata kebun Jeruk Pamelo yang dikembangkan oleh petani hortikultura setempat guna mendukung pemasaran komoditas buah andalan di daerah itu.

Bupati Magetan Suprawoto menyatakan apresiasinya terhadap petani sekaligus pemilik kebun Jeruk Pamelo, Bapak Suroso, akan inovasinya membuat wisata kebun Jeruk Pamelo sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dan penjualan buah tersebut.

"Pemkab Magetan akan membantu memasarkan jeruk dan wisata kebun jeruk ini, salah satunya melalui promosi-promosi dan pemasaran di era digital ini," ujar Bupati Suprawoto saat meluncurkan wisata kebun Jeruk Pamelo di Desa Tamanan, Kecamatan Sukomoro, Magetan, Sabtu (26/3/2022).

Menurut dia, dengan inovasi pengembangan wisata kebun Jeruk Pamelo maka akan dapat membangkitkan semangat petani lain dan mengembalikan kejayaan pamelo (jeruk besar) di daerah Magetan. Kabupaten Magetan dikenal sebagai daerah penghasil jeruk pamelo.

Baca Juga

Di Magetan yang merupakan sentra penghasil jeruk Pamelo terdapat di Kecamatan Bendo, Takeran, Sukomoro, dan Kawedanan (Betasuka). Sesuai data, terdapat tiga jenis Jeruk Pamelo yang dikembangkan petani Magetan dan telah disahkan melalui surat keputusan (SK) Menteri Pertanian sebagai produk unggulan dari Kabupaten Magetan.

Ketiga jenis tersebut Jeruk Pamelo Nambangan yang rasanya manis kecut segar, kemudian, Jeruk Pamelo Si Nyonya yang kadar manisnya lebih tinggi, dan Pamelo Magetan yang tahan lebih lama.

Data Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) setempat mencatat, populasi pohon Jeruk Pamelo di Magetan telah mencapai lebih dari 582.845 pohon, yang tersebar di sentra penanaman dengan luas wilayah mencapai lebih dari 450 hektare.

Petani sekaligus pemilik kebun Jeruk Pamelo, Suroso menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Magetan Suprawoto dan jajaran atas dukungan yang diberikan selama ini. "Kami sangat berterima kasih dan berharap ke depan Pemkab Magetan bisa membantu dalam promosi dan penjualan, sehingga Jeruk Pamelo Magetan semakin dikenal masyarakat," kata Suroso.

Peluncuruan wisata kebun Jeruk Pamelo tersebut, selain Bupati Suprawoto juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Magetan Ibu Titik Suprawoto, Kadis TPHPKP, Kadis Disparbud, Camat Sukomoro, Forkopimca, Perangkat Desa Tamanan, serta masyarakat sekitar dengan menerapkan protokol kesehatan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Kasus Kematian Pasien Covid-19 di Magetan Masih Tinggi

Viral Bus Terobos Tenda Hajatan di Magetan, Begini Faktanya

Magetan Gencarkan Vaksin Penguat bagi Lansia Tekan Fatalitas

Rider Asal Magetan Tampil di Mandalika, Khofifah: Mohon Support dan Doa Semuanya

Pemkab Magetan Persiapkan 10 Desa Wisata Ikuti ADWI 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark