Senin 28 Mar 2022 18:34 WIB

Pemkab Harap Forum Perguruan Tinggi Bantul Majukan Sektor Pendidikan

Sektor pendidikan dapat menjadi pengungkit bagi sektor lain.

Pemkab Harap Forum Perguruan Tinggi Bantul Majukan Sektor Pendidikan (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pemkab Harap Forum Perguruan Tinggi Bantul Majukan Sektor Pendidikan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul bersama Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi WilayahDaerah Istimewa Yogyakarta mengukuhkan Forum Perguruan Tinggi Bantul dengan harapan mampu memajukan sektor pendidikan yang berdampak terhadap pengungkitan sektor lainnya.

"Saya berharap keberadaan forum ini bisa menjadi jembatan komunikasi yang lebih efektif dalam usaha dan upaya memajukan pendidikan dan segala sektor yang berhubungan di Bantul," kata Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo dalam pengarahan acara pengukuhan Forum Perguruan Tinggi Kabupaten Bantul di Bantul, Senin (28/3/2022).

Baca Juga

Pembentukan forum ini sesuai Pasal 20 Ayat 1 UU Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang anggotanya dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDT) Wilayah V DIY, perguruan tinggi baik negeri maupun swasta diDIY, dan beberapa perangkat daerah di Bantul.

Forum ini diharapkan sebagai sarana komunikasi, koordinasi, dan mengoptimalkan kerja sama pengembangan bidang pendidikan antara perguruan tinggi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, sesuai dalam SK Bupati Bantul.

"Perlu saya tegaskan bahwasanya pendidikan adalah salah satu elemen strategis dan penting dalam pembangunan karena sektor pendidikan akan meningkatkan daya saing masyarakat serta dapat menjadi pengungkit bagi sektor lain," katanya.

Pemerintah daerah, lanjut dia, berfungsi menumbuhkan motivasi, memberikan stimulasi, dan fasilitasi, serta menciptakan iklim yang kondusif bagi pertumbuhan serta sinergi sumber daya dan jaringan ilmu pengetahuan dan teknologi daerah.

Pemerintah daerah yang mempunyai prioritas dan pengambil kebijakan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi juga perlu mempertimbangkan masukan dan pandangan yang diberikan oleh unsur kelembagaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Dari komunikasi dan interaksi ini saya berharap akan muncul inovasi-inovasi baru dan terobosan ilmiah untuk kemajuan Bantul 'Bumi Projotamansari'," katanya.

Selain dari Wabup Bantul Joko Purnomo, Forum Perguruan Tinggi Kabupaten Bantul yang dikukuhkan juga mendapatkan pengarahan dari Kepala LLDT Wilayah V DIY, dan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY tentang pengembangan sektor pendidikan.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement