Senin 04 Apr 2022 08:17 WIB

Harga Migor Naik, Inflasi Purwokerto dan Cilacap Terkerek

Tim Pengendalian Inflasi Daerah melakukan beberapa upaya pengendalian inflasi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Inflasi, ilustrasi
Foto: Pengertian-Definisi.Blogspot.com
Inflasi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Bank Indonesia (BI) mencatat, tingkat Inflasi Purwokerto dan Cilacap pada Maret 2022, tercatat masing-masing 0,82 persen (mtm) dan 1,19 persen (mtm). Inflasi pada kedua daerah utamanya didorong oleh kenaikan harga minyak goreng sejalan dengan adanya relaksasi ketentuan HET minyak goreng per 16 Maret 2022.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas telur ayam ras di tengah kebijakan larangan penjualan telur Hatching Egg (HE) untuk konsumsi kepada pembibit dan pelaku usaha perunggasan serta akibat adanya peningkatan biaya produksi pakan. Selain itu kenaikan harga cabai akibat terbatasnya pasokan akibat panen yang terganggu oleh musim hujan juga menjadi salah satu faktor pendorong inflasi di Purwokerto dan Cilacap pada Maret 2022.

"Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Banyumas dan Cilacap telah melakukan beberapa upaya pengendalian inflasi secara sinergis, di antaranya melalui pelaksanaan inspeksi mendadak ke distributor dan pedagang grosir minyak goreng kemasan dan curah serta melakukan operasi pasar minyak goreng selama Februari dan Maret 2022," ujar Kepala Perwakilan BI Purwokerto, Rony Hartawan, Senin (4/4/2022).

Rony memaparkan, tekanan inflasi di Purwokerto pada Maret 2022 (0,82 persen mtm), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya (0,03 persen mtm).  Inflasi terutama bersumber dari peningkatan harga pada kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau dengan andil sebesar 0,53 persen (mtm).

Dilihat dari komoditasnya, yang menjadi penyumbang inflasi terbesar pada periode ini adalah komoditas bahan bakar rumah tangga, telur ayam ras, cabai merah, minyak goreng, dan emas perhiasan.

Di sisi lain, tekanan inflasi yang lebih tinggi tertahan oleh deflasi pada kelompok Transportasi yang mengalami deflasi -0,55 persen (mtm) dan memberikan andil sebesar -0,07 persen (mtm). Berdasarkan jenisnya, komoditas utama yang menahan inflasi Maret yaitu mobil (-0,08 persen), jeruk (-0,02 persen), kangkung (-0,01 persen), dan seng (-0,01 persen).

Dengan perkembangan tersebut, secara tahun kalender inflasi Purwokerto tercatat 1,52 persen (ytd). Adapun secara  tahunan, Purwokerto tercatat mengalami inflasi 3,16 persen (yoy). Capaian inflasi tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata historis inflasi Maret tahun 2019 s.d 2021 yang sebesar 2,01 persen (yoy), namun masih berada dalam rentang sasaran inflasi nasional 2022 sebesar 3±1 persen (yoy).

Pada periode yang sama, Cilacap mencatatkan inflasi sebesar 1,19 persen (mtm), lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya (0,07 persen, mtm). Inflasi utamanya bersumber dari peningkatan harga kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau yang memberikan andil sebesar 0,76 persen (mtm).

Adapun komoditas yang menjadi penyumbang inflasi tertinggi adalah minyak goreng, rokok kretek filter, telur ayam ras, kue kering berminyak, dan nasi dengan lauk. Sementara itu, inflasi yang lebih tinggi tertahan oleh koreksi harga pada beberapa komoditas, utamanya beras, ayam hidup, tomat kopi bubuk, dan kacang panjang.

Secara tahun kalender, inflasi Cilacap tercatat 1,93 persen (ytd). Adapun capaian inflasi secara tahunan dilaporkan 3,41 persen (yoy) pada Maret 2022. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata historis inflasi Maret 2019 hingga 2021 yang 1,67 persen (yoy), namun masih berada dalam rentang sasaran inflasi nasional 2022 sebesar 3±1 persen (yoy).

Rony mengatakan, Bank Indonesia tetap konsisten menjaga inflasi di kisaran sasarannya 3±1 persen (yoy) pada 2022. Adapun risiko yang dapat memengaruhi pencapaian inflasi ke depan antara lain meningkatnya permintaan domestik sejalan dengan arah pemulihan ekonomi nasional serta dampak inflasi dari kenaikan permintaan dan harga barang di luar negeri (imported inflation).

"Dalam hal ini koordinasi antara Bank Indonesia, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya  terus dilakukan sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan keterjangkauan harga khususnya untuk bahan kebutuhan pokok," kata Rony.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement