Daop Madiun Layani Pemesanan Tiket KA Angkutan Lebaran 2022

Red: Muhammad Fakhruddin

Daop Madiun Layani Pemesanan Tiket KA Angkutan Lebaran 2022 (ilustrasi).
Daop Madiun Layani Pemesanan Tiket KA Angkutan Lebaran 2022 (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Reno Esnir

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun sudah membuka pelayanan pemesanan tiket kereta api untuk masa Angkutan Lebaran 1443 Hijriah di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan penjualan tiket Lebaran pada 2022 diperpanjang dibanding 2021. Sebelumnya masa pembelian tiket dilakukan H-30, atau 30 hari sebelum Lebaran 2021.

Namun, saat ini pemesanan tiket dapat dilakukan hingga H-45 Lebaran 2022, sehingga masyarakat dapat membeli tiket perjalanan mulai tanggal 1 April untuk keberangkatan 16 Mei 2022 dan seterusnya.

"Perubahan ini dilakukan untuk memberikan ruang bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa angkutan lebaran di tahun 2022," ujar Ixfan dalam keterangannya, Kamis (4/4/2022).

Baca Juga

KAI mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam memasukkan tanggal, memilih rute, dan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju ke stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik lebaran.

"KAI juga meminta masyarakat mengikuti perkembangan terkait persyaratan menggunakan kereta api di masa angkutan lebaran dari pemerintah. Saat ini KAI masih menunggu peraturan resminya dan akan segera kami sosialisasikan jika aturan tersebut sudah diterbitkan,"kata Ixfan.

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran 2022 berlangsung pada H-10 sampai dengan H+10 lebaran atau mulai 22 April sampai dengan 13 Mei 2022. Pada periode tersebut, KAI memprogramkan perjalanan KA rata-rata 401 KA per hari dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 216.608 tempat duduk KA Jarak Jauh dan KA Lokal per hari.

Daop 7 Madiun sendiri memprogramkan perjalanan KA yang berangkat dari Daop 7 Madiun sebanyak 4 KA Jarak Jauh per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata per hari sebanyak 2.812 tempat duduk KA Jarak Jauh.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen dan untuk KA Lokal yaitu 70 persen. "Tiket KA pada masa angkutan lebaran masih cukup banyak tersedia. Masyarakat dapat segera memesan tiket untuk keberangkatan angkutan lebaran melalui berbagai channel penjualan yang tersedia," ujar Ixfan.

Dalam rangka menghadapi angkutan lebaran tahun ini, KAI telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia. KAI bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan "stakeholder" lainnya telah melaksanakan kegiatan "Ramp Check" atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api.

Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api, serta tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Buka Puasa di MRT-KRL Hanya Boleh dengan Menu Ini

Daop 6 Jalankan 23 KA Angkutan Lebaran

Penjualan Tiket Mudik Kereta Api di Stasiun Gambir

PT KAI Daops 2 Bandung, Buka Penjualan Tiket KA Lebaran Mulai H-45

Railink Kelola Sistem Pembelian Tiket KA Bandara Yogyakarta

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark