Senin 04 Apr 2022 20:59 WIB

Tim Fishee Amikom Raih Gold Medal di Moscow

Sekitar 500 penemuan dari 16 negara berkumpul secara virtual.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Tim Fishee Amikom Raih Gold Medal di Moscow. Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.
Foto: Dokumen.
Tim Fishee Amikom Raih Gold Medal di Moscow. Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Tim Fishee Amikom Computer Club (AMCC) meraih Gold Medal XXV Moscow International Salon of Inventions and Innovations Technologies 'Archimedes' untuk kategori IoT and Apps. Kompetisi digelar pada 29-31 Maret 2022 di Moscow.

Sekitar 500 penemuan dari 16 negara berkumpul secara virtual. Seperti Serbia, Moldova, Iran, Saudi Arabia, China, Thailand, Vietnam, Taiwan, Macau, Cambodia, Croatia, Romania, Republika Srpska, Tajikistan, Indonesia dan Rusia sendiri.

Baca Juga

Archimedes pertama kali diadakan 1998. Digelar rutin setiap tahun oleh Moscow City Organization VOIR and International Innovation Club, didukung International Federation of Inventors Association dan World Intellectual Property Organization.

Tim Indonesia sendiri dikoordinir oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) mengikutsertakan beberapa tim. Termasuk, di dalamnya Tim Fishee-AMCC yang ikut serta dalam kompetisi dan pameran itu.

 

Ada Dwi Rahmawati (Product Manager), Taupiq Alfianto (Designer), Yogi Yulianto, Pebri Antara dan Dicky Arisya Rizaldi Ramadandi (Programmer). Membawa prototipe produk memudahkan pembudidaya ikan mengoptimalkan kualitas media dan air kolam.

Termasuk, pemberian pakan otomatis hanya dengan satu klik diinstruksikan melalui smartphone via Telegram. Produk yang masih dalam pengembangan ini melalui riset dan validasi pasar serta pendampingan yang dilakukan Amikom selama tiga bulan.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Amikom Yogyakarta, Suyatmi, mengaku sangat senang atas prestasi yang diraih Tim Fishee di ajang tersebut. Ia berharap, inovasi itu nantinya bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Pencapaian ini bisa digunakan untuk menyelesaikan studi mereka dengan mengikuti program skripsi jalur prestasi. Semoga prestasi Tim Fishee-AMCC menginspirasi mahasiswa lain berprestasi di kompetisi baik nasional maupun internasional," kata Suyatmi, Senin (4/4/2022). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement