Enam Balon Rektor UGM Lolos Verifikasi Dokumen

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UGM Yogyakarta.
Kampus UGM Yogyakarta. | Foto: Yusuf Assidiq

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Panitia Kerja (Panja) Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Periode 2022-2027 mengumumkan enam nama. Mereka dinyatakan lolos sebagai bakal calon rektor UGM periode 2022-2027.

Ada Prof Ali Agus, Prof Bambang Agus, Prof Deendarlianto, Prof Ova Emilia, Prof Sigit Riyanto, dan Prof Teguh Budipitojo. Ketua Panja Seleksi Calon dan Pemilihan Rektor UGM, Prof Subagus Wahyuono menilai, ini disampaikan sebagai transparansi.

Penyampaian ke publik, lanjut Subagus, sekaligus mengumumkan bakal calon rektor yang lolos. Keputusan ini menjadi hasil dari Rapat Panja tentang Pemeriksaan dan Verifikasi Dokumen Administrasi yang telah diselenggarakan 25 Maret 2022 lalu.

Ia menekankan, pemeriksaan dan verifikasi dokumen administrasi seleksi calon telah terlaksana dengan baik. Subagus menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak dalam proses seleksi yang telah berlangsung.

"Izinkan kami menyampaikan terima kasih kepada pendaftar dan semua pemangku kepentingan yang sudah berpartisipasi dalam Proses Seleksi Calon Rektor UGM periode 2022-2027," kata Subagus, Kamis (7/4/2022).

Pada tahap sebelumnya yaitu tahap pendaftaran, panja menerima delapan pendaftar yang memenuhi syarat minimal pendidikan dan pengalaman kerja. Telah melakukan registrasi secara daring hingga batas waktu pendaftaran pada 9 Maret 2022.

Dari delapan pendaftar, tujuh berhasil melengkapi dan menyempurnakan keseluruhan persyaratan administrasi dalam tahap pendaftaran dan lolos seleksi administrasi. Dokumen yang diserahkan antara lain surat pengusulan bakal calon rektor UGM.

Kemudian, riwayat hidup, surat motivasi, penjabaran kebijakan umum UGM ke dalam program kerja dan strategi pencapaian tujuan. Dari tujuh pendaftar yang melengkapi ada enam di antaranya dinyatakan lolos sebagai bakal calon rektor UGM 2022-2027.

Mereka berasal dari internal UGM. Ali Agus dari Fakultas Peternakan, Bambang Agus dan Deendarlianto dari Fakultas Teknik, Ova Emilia dari FKKMK, Sigit Riyanto dari Fakultas Hukum, dan Teguh Budipitojo dari Fakultas Kedokteran Hewan.

"Selain keenam orang tersebut, Panja menerima satu pendaftar dari luar UGM yaitu Dr Irawadi dari Universitas Wijayakusuma Purwokerto," ujar Subagus.

Usai pengumuman nama balon, proses seleksi dilanjutkan dengan tahapan Sarasehan Nyawiji Menuju UGM 1. Rencananya diselenggarakan pada 9-16 April 2022 dan Forum Penjaringan Aspirasi Publik yang diselenggarakan pada 18-29 April 2022.

Setelah itu, pendaftar yang dinyatakan lolos bakal calon rektor UGM 2022-2027 akan mengikuti seleksi Senat Akademik dan berlangsung pada 12 Mei 2022. Serta, mengikuti pemilihan dan penetapan Rektor oleh Majelis Wali Amanat 17-20 Mei 2022.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Masjid Batu, Tempat Ibadah yang Dibangun Pada Masa Sri Sultan Hamengku Buwono I

Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kecam Klitih dan Siapkan Trauma Healing

Pendorong Gerobak Malioboro Terima Jadi Tenaga Kebersihan

BMKG Minta Masyarakat Yogyakarta Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Tradisi Buka Puasa Bersama di Masjid Jogokariyan Kembali Diadakan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark