Kapolres Semarang Instruksikan Jajarannya Persiapan Hadapi Mudik Sejak Dini

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Kapolres Semarang Instruksikan Jajarannya Persiapan Hadapi Mudik Lebaran Sejak Dini (ilustrasi).
Kapolres Semarang Instruksikan Jajarannya Persiapan Hadapi Mudik Lebaran Sejak Dini (ilustrasi). | Foto: dok bowo pribadi

REPUBLIKA.CO.ID,UNGARAN—Jajaran Polres Semarang diinstruksikan untuk mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi pelayanan mudik Lebaran 1443 Hijriah tahun 2022 di wilayah hukum Polres Semarang.

Kendati masih dalam masa ibadah puasa di bulan Ramadhan, berbagai persiapan harus dilakukan sedini mungkin agar jajaran Polres Semarang mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika HA mengatakan, sudah hampir sepekan ibadah puasa telah dilaksanakan, seluruh anggota Polres Semarang diimbau untuk tetap menjaga kondisi kesehatan.

“Karena --sekitar dua pekan lagi— kita sudah harus menghadapi Kegiatan pelayanan arus mudik Lebaran dalam rangka hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah Kabupaten Semarang,” ungkapnya, saat memimpin apel pagi, di mapolres Semarang, Kamis (7/4/2022).

Baca Juga

Terkait hal itu, Yovan pun memberikan arahan agar seluruh satuan segera mempersiapkan sedini mungkin guna memastikan kesiapan menghadapi arus mudik lebaran 2022.

Terlebih, sudah dua tahun –sejak pandemi Covid-19—Pemerintah tidak mengeluarkan izin untuk Kegiatan mudik pada momentum hari raya Idul Fitri.

Sehingga animo masyarakat untuk melaksanakan mudik pada Lebaran tahun ini –diperkirakan—akan meningkat dan jumlah pemudik akan meningkat.

“Untuk itu, kita persiapkan segala sesuatu mulai antisipasi, cara bertindak, rekayasa lalu lintas dan kebijakan lain dalam mendukung kelancaran masyarakat yang melaksanakan mudik harus diperispkan dengan matang,” tambahnya.

Kapolres juga mengingatkan, selain kesiapan seluruh jajaran, koordinasikan dengan stakeholder samping, seperti PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola jalan tol Semarang- Solo di wilayah Kabupaten Semarang.

Misalnya untuk memastikan kesiapan rambu rambu lalu lintas serta antisipasi terhadap melonjaknya pemudik yang masuk di kawasan Rest Area, antisipasi tenaga medis baik dari Dokkes Polres Semarang maupun dinas kesehatan Kabupaten Semarang.

Sejumlah lokasi simpul kemacetan dan zona rkerawanan kecelakaan lalu lintas juga harus diantisipasi bersama- sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Semarang.

Tak lupa, selain persiapan dini menghadapi arus mudik 2022, dibulan Suci Ramadhan ini Kapolres juga mengajak para anggota untuk memakmurkan masjid Baitul Muslimin yang berada di lingkungan Mapolres Semarang.

Anggota harus memakmurkan masjid tersebut dengan mengisi kegiatan sholat tarawih, tadarus serta kgiatan amalan lainnya.

“Mari kita makmurkan masjid yang sudah berdiri megah di lingkungan Polres Semarang ini. Silahkan personil mau mengajak keluarga untuk ibadah tarawih berjamaah atau mengisi Kegiatan amalan lainnya sambil menunggu waktu berbuka puasa,” tegasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Polres Metro Bekasi Siapkan 13 Pospam Mudik Lebaran

Presdiksi Mudik Lebaran, Dishub: Jumlah Pemudik 21 Juta Orang, 10 Persennya ke Solo

Menhub: 40 Juta Orang Mudik dengan Kendaraan Pribadi

4 Hari Cuti Bersama Lebaran, Puan Ingatkan Pemda Antisipasi Keramaian

BMKG: Waspadai Zona Aktif Gempa Pemicu Tsunami pada Masa Mudik Lebaran 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark