Ahad 10 Apr 2022 10:33 WIB

Bupati Banyumas Pantau Pelaksanaan Tarawih di Tujuh Titik

Ada enam masjid yang akan menjadi lokasi pantauan bupati.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Banyumas saat melakukan pantauan kegiatan ibadah Tarawih di salah satu masjid.
Foto: Dokumen
Bupati Banyumas saat melakukan pantauan kegiatan ibadah Tarawih di salah satu masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali menggelar kegiatan Amaliyah Ramadan 1443 H. Amaliyah Ramadan yang digelar oleh Kesra Setda berupa pengajian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pemantauan Tarawih oleh Bupati Banyumas didampingi beberapa pejabat secara terbatas.

Pengajian perdana dilaksanakan Jumat (8/4/2022) lalu bertempat di Pendopo Sipanji Purwokerto yang menghadirkan pembicara Dr Mintaraga Eman Surya. Sedangkan Bupati Banyumas Achmad Husein melaksanakan pemantauan Tarawih perdana di Masjid Al Hasan Desa Karanggedang Kecamatan Sumpiuh, Kamis (7/4/2022) malam.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Purwadi Santoso mengatakan, dalam rangka rangkaian amaliyah Ramadhan, Bupati Banyumas direncanakan melaksanakan pemantauan Tarawih di sejumlah masjid di Banyumas selama bulan Ramadhan.

Kegiatan Amaliyah Ramadhan tersebut dalam rangka menjalin silaturahim antara umaro (pemerintah) dengan ulama (tokoh agama) dan masyarakat. “Kegiatan Amaliyah Ramadhan 2022 kita laksanakan seperti dulu lagi, cuma beda model, yang paling penting  agar supaya komunikasi Bapak Bupati dengan masyarakat dapat terjalin lagi," ujar Purwadi.

 

Pemantauan dilakukan juga karena masih dalam situasi pandemi, sehingga jamaah Tarawih pun harus dibatasi.  Sedangkan untuk pengajian kepada ASN, menurut Purwadi, adalah untuk penguatan keimanan sekaligus silaturahim antar ASN.

Meski para ASN sudah melakukan di masing-masing rumah maupun masjid namun untuk kebersamaan tetap dilakukan. “Pengajian untuk ASN hanya dua kali, kita lakukan untuk penguatan keimanan kita kepada Allah SWT, meki di masing-masing sudah melaksanakan di rumah maupun di masjid,” katanya.

Selain di Karangedang ada enam masjid lain yang akan menjadi lokasi pantauan bupati, yaitu Masjid Al Barokah Desa Karangmangu Kecamatan Purwojati yang direncanakan Senin (11/4), Masjid Masjid Al Amanah Desa Kanding Kecamatan Somagede (Rabu (13/4)

Kemudian, Masjid Al Amin Kelurahan Karangpucung Kecamatan Purwokerto Selatan Senin (18/4), Masjid Miftahul Huda Desa Gumelar Kecamatan Gumelar Rabu (20/4/2021), Masjid BKM AL Iklas Desa Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng Jumat (22/4) dan Masjid Al Huda Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor, Senin (25/4).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement