Selasa 12 Apr 2022 10:01 WIB

Terkena Longsoran Batu Besar, Truk Masuk Jurang di Banjarnegara

Insiden ini mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi Truk Masuk Jurang
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Truk Masuk Jurang

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Sebuah truk masuk jurang akibat terkena longsoran batu di Desa Limbangan, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Senin (11/4/2022) sore. Dua orang tewas dalam kejadian ini.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Andri Sulistyo menjelaskan, insiden yang terjadi pada Senin kemarin pukul 17.45 WIB ini diakibatkan intensitas hujan yang tinggi.

"Intensitas hujan yang tinggi, kemiringan lereng 90 derajat berarah ke arah Timur Laut dan jenis tanah di lokasi tersebut menyebabkan tanah longsor dan batu ukuran tinggi 165 sentimeter, lebar 1 meter jatuh mengenai kendaraan yang sedang melintas, sehingga menyebabkan kendaraan jatuh ke jurang sungai Clapar," jelas Andri pada Senin (11/4/22) malam.

Truk tersebut masuk ke Sungai Clapar yang memiliki kedalaman kurang lebih 50 meter dan kemiringan 90 derajat. Sedangkan batu besar yang longsor menutup sebagian badan jalan.

Insiden ini mengakibatkan dua orang meninggal dunia. Korban yaitu supir truk bernama Salim Ridho Afan (38 tahun) meninggal dunia di perjalanan menuju RSUD Banjarnegara. Sedangkan penumpang bernama Khayan (40 tahun) telah meninggal dunia di TKP Kejadian.

Selanjutnya, BPBD menutup total akses jalan untuk melakukan pembersihan batu yang masih berada di tengah jalan. Pembersihan batu dilakukan oleh PUPR UPT 1 dan BPBD. Selain itu, tim evakuasi juga melakukan evakuasi kendaraan yang masih berada di jurang dengan kedalaman 50 meter dengan kemiringan 90 derajat di sungai Clapar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement