Selasa 12 Apr 2022 16:51 WIB

Sambut Lebaran, Objek Wisata di Purbalingga Dibenahi

Penambahan wahana-wahana baru diprediksi akan menggenjot jumlah wisatawan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
 Obyek wisata Owabong di Purbalingga memanfaatkan bulan Ramadhan untuk bersolek menyambut libur Lebaran.
Foto: Dokumen
Obyek wisata Owabong di Purbalingga memanfaatkan bulan Ramadhan untuk bersolek menyambut libur Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Untuk menyambut libur Lebaran, objek wisata di Purbalingga, Jawa Tengah, telah meningkatkan fasilitasnya selama Ramadhan. Perumda Owabong selaku pengelola daya tarik wisata menyebutkan, tidak hanya melakukan pemeliharaan, berbagai wahana baru juga disiapkan untuk menyambut wisatawan saat Lebaran.

"Untuk menyambut libur Lebaran kami akan meluncurkan banyak wahana baru," ujar Plt Direktur Perumda Owabong, Eko Susilo, dalam keterangannya, Selasa (12/4/2022).

Wahana baru itu adalah Gombang Leleson (Goles) yang terdiri dari kolam anak, kolam kura-kura, serta kolam keceh. Menurut Eko, salah satu wahana andalan yakni Jumping Slide atau Slip and Fly. "Wahana atraksi air yang seru dan ini baru pertama kali ada di Jawa Tengah,” ujar Eko.

Owabong Grup yang mengelola lima daya tarik wisata menargetkan kunjungan wisatawan sebesar 122 ribu orang selama periode libur lebaran. "Kami optimistis tercapai dengan inovasi yang kami luncurkan dan suasana pandemi Covid-19 yang mulai melandai," katanya.

Protokol kesehatan tetap diterapkan sebagai langkah antisipasi Covid-19. Selain itu, seluruh pegawai dan pelaku UMKM yang berjualan di sekitar Owabong telah divaksinasi lengkap hingga booster.

Senada dengan Eko, pengelola Situ Tirtamarta, Desa Wisata Karangcegak juga optimis wisatawan yang datang selama Libur Lebaran akan mencapai target sebanyak 18 ribu orang. Jumlah itu naik hampir tiga kali lipat kunjungan bulanan yang sekitar 6.000-8.000 orang.

"Kami sudah memiliki wahana baru, ada kolam baru dan juga area kuliner yang terpusat. Semoga tercapai target kami," ujar pengelola Situ Tirtamarta, Kurniawan.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporapar Purbalingga, Gunanto Eko Saputro mengatakan, pihaknya sudah mulai berkunjung ke sejumlah objek wisata untuk melakukan pemantauan kesiapan mereka menghadapi Lebaran.

Pemeliharaan juga penambahan wahana-wahana baru diprediksi akan menggenjot jumlah wisatawan selama libur Lebaran. Purbalingga menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 1.850.000 ribu orang selama 2022.

"Kami gembira inovasi terus dilakukan oleh para pengelola objek wisata, semoga 2022 ini akan menjadi kebangkitan wisata Purbalingga," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement