Kamis 14 Apr 2022 09:10 WIB

Luncurkan #AksiCintaBumi, Blibli Ajak Pelanggan Kurangi Sampah Plastik

Data KLHK, sebanyak 11,6 juta ton dari sampah nasional merupakan sampah plastik.

Melalui gerakan #AksiCintaBumi, Blibli mengajak pelanggan mengalihfungsikan kardus bekas menjadi wrapping paper pengganti pembungkus plastik.
Foto: dokpri
Melalui gerakan #AksiCintaBumi, Blibli mengajak pelanggan mengalihfungsikan kardus bekas menjadi wrapping paper pengganti pembungkus plastik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan iklim menjadi salah satu permasalahan dunia. Salah satu akar permasalahannya adalah karena penumpukan sampah yang tidak dikelola dengan baik. 

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia menunjukkan sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 ton. Dari keseluruhan sampah yang tidak terkelola tersebut, 11,6 juta ton merupakan sampah plastik.  Angka tersebut tidak lepas dari pengaruh tren belanja daring yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat.

Melihat permasalahan tersebut, Blibli, berinisiatif mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengurangi sampah sisa belanja online dan di akhir 2020 silam, Blibli pun meluncurkan gerakan #AksiCintaBumi dengan tujuan memberikan dampak positif bagi lingkungan. 

"Keberlanjutan (sustainability) adalah hal esensial bagi Blibli. Tidak hanya dari segi bisnis, kami juga berkomitmen membawa aspek keberlanjutan dari pendekatan lingkungan. #AksiCintaBumi adalah langkah nyata Blibli untuk menjadikan keberlanjutan lingkungan tidak hanya sekadar jargon," ungkap  COO Blibli, Lisa Widodo, dalam siaran pers, Kamis (14/4/2022).

Blibli secara konsisten menerapkan praktik keberlanjutan dalam operasinya. Blibli telah menerapkan sustainability sejak awal proses supply chain di mana Blibli menggunakan kardus yang bersertifikasi Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) dan Forest Stewardship Council (FSC) sehingga menjamin bahwa kardus berasal dari industri yang mendukung pengelolaan hutan berkelanjutan.

Tidak hanya itu, menurut Lisa, gerakan #AksiCintaBumi merupakan ajakan kepada seluruh elemen yang terlibat di Blibli mulai dari karyawan, pelanggan, hingga penjual. Bagi Blibi, memberikan dampak positif khususnya bagi lingkungan tidak bisa dilakukan sendiri melainkan sebuah collaborative action.

Lewat #AksiCintaBumi, Blibli mengajak para pelanggan untuk mengembalikan kemasan belanja online untuk disulap menjadi sesuatu yang lebih bermakna. Sampah yang sudah terkumpul akan didaur ulang menjadi lebih bermanfaat. Sebagai contoh, kardus bekas dialihfungsikan untuk menjadi wrapping paper pengganti pembungkus plastik. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement