Pemkot Pekalongan Siapkan Tempat Istirahat Pemudik Lebaran

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot Pekalongan Siapkan Tempat Istirahat Pemudik Lebaran (ilustrasi).
Pemkot Pekalongan Siapkan Tempat Istirahat Pemudik Lebaran (ilustrasi). | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID,PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menyiapkan tempat istirahat pada sejumlah titik bagi para pemudik Lebaran 2022 yang melintas jalur pantai utara daerah setempat.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid mengatakan bahwa jumlah arus mudik Lebaran 2022 diperkirakan meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya karena adanya pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). "Kita perlu melakukan antisipasi banyak hal karena kami memperkirakan mudik Lebaran 2022 dipastikan akan ramai karena sudah dua tahun tidak ada mudik," katanya, Senin (18/4/2022).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Slamet Prihantono mengatakan pihaknya akan menyiapkan personel untuk melakukan rekayasa lalu lintas pada saat kondisi jalan pantura padat. Selain itu, kata dia, apabila terjadi kedapatan arus mudik Lebaran di jalan utama maka pihaknya juga telah menyiapkan jalan alternatif untuk para pemudik.

"Kondisi jalan dalam kota memang sudah sempit, apalagi dengan banyaknya pemudik yang mampir berbelanja di pusat oleh-0leh untuk saudaranya di kampung sehingga hal itu diperkirakan akan menimbulkan kepadatan di sebuah titik," katanya.

Baca Juga

Slamet Prihantono yang akrab disapa Totok mengatakan untuk langkah pengamanan Lebaran 2022, pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI, serta organisasi kemasyarakatan (ormas). "Kami berharap arus mudik Lebaran 2022 bisa berjalan lancar dan aman. Selain itu, kami bersama TNI/Polri untuk bersama-sama melakukan rekayasa lalu lintas apabila di sebuah jalan terjadi kemacetan," katanya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi mengatakan pihaknya akan mendirikan lima pos pengamanan (Pospam) dan 6 Subpospam guna mengantisipasi kerawanan dan kemacetan selama arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Pospam yang disiapkan diantaranya di Pospam Jalan Raya Pacar, Matahari, pos pelayanan THR Jalan Pemuda, pospam Exit Tol Setono, dan pos Wisata Pasir Kencana Pekalongan. "Kemudian untuk beberapa Subpospam yakni di pos dalam Terminal Pekalongan, pos dalam Stasiun KA, pos luar stasiun, Ponolawen, Grogolan, dan Alun-Alun Pekalongan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


BPBD Tangerang Imbau Pemudik tak Tinggalkan Kunci Rumah di Bawah Keset

Ganjar Minta Dishub Antisipasi Potensi Kemacetan di Flyover Ganefo

Pemprov DKI Segera Terbitkan Perda Soal Pencairan THR

Empat Putar Balik Kendaraan di Pasar Tegal Gubug Cirebon Ditutup

Jelang Lebaran, Pemprov DIY: Ketersediaan Pangan Cukup

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark