UII dan PPI Dunia Jalin Kerja Sama

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

UII dan PPI Dunia Jalin Kerja Sama (ilustrasi).
UII dan PPI Dunia Jalin Kerja Sama (ilustrasi). | Foto: Wahyu Suryana.

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Universitas Islam Indonesia (UII) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia menjalin kerja sama. Ini sebagai salah satu langkah maksimalisasi potensi sangat besar pelajar Indonesia yang menempuh studi lanjut luar negeri.

Koordinator Penghimpunan PPI Dunia, Farul Ibnul Haqi mengatakan, agenda ini jadi tonggak sejarah baru untuk membangun kerja sama kedua pihak. Sekaligus, menjadi langkah penting PPI Dunia mengembangkan dan mengabdikan diri bidang tridharma.

Ia menambahkan, rencana program yang nantinya dikembangkan meliputi pendidikan, penelitian, program manajemen dan program pertukaran UII dengan PPI Dunia. Farul berharap, dengan kerja sama ini bisa menjadi suatu amal jariyah untuk semuanya.

"Sehingga, dapat memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat secara luas," kata Farul, Senin (18/4/2022).

Baca Juga

Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Beijing, Yaya Sutarya, memuji ini sebagai terobosan UII untuk memanfaatkan potensi pelajar Indonesia yang kuliah di luar negeri. Sebab, tidak semua dapat membaca potensi mahasiswa.

"Padahal, potensi itu dapat dimaksimalkan jika dirawat dan dibina, sehingga bisa mengimplementasi keilmuan yang mereka peroleh di bangku kuliah pada saat di luar negeri," ujar Yaya.

Rektor UII, Prof Fathul Wahid mengingatkan, selama ini kawan-kawan yang sekolah di luar negeri tentu saja telah melewati proses yang tidak mudah. Ia menekankan, itu sekaligus menandakan kalau mereka merupakan orang-orang yang berkualitas.

"Sehingga, keunggulan-keunggulan yang mereka miliki perlu ada suatu wadah untuk mengimplementasikan potensi tersebut agar bisa memberikan manfaat bagi bangsa," kata Fathul.

Ketua Program Studi Psikologi Profesi Program Magister UII, Dr Arief Fahmie menuturkan, mereka akan secara intensif membahas keberlanjutan program-program yang sudah direncanakan dengan PPI Dunia. Salah satunya pendampingan psikologis.

"Pendampingan psikologis bagi anggota-anggota PPI yang tengah mengalami tekanan karena studi. Pendampingan secara daring itu melibatkan dosen psikologi UII dengan asistensi mahasiswa Magister Psikologi Profesi UII," ujar Arief.

Sekretaris Jenderal PPI Dunia, Apt Ika Yuwiani Puspasari menambahkan, mereka memiliki program kerja pelatihan UMKM, dan digital marketing salah satu materi. Hal ini sejalan karena LSP UII memiliki program sertifikasi digital marketing.

"Berharap dapat berkolaborasi bersama UII dengan memberikan dampak baik dan menguntungkan di dua belah pihak ke depannya," kata Ika. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


PPI Genjot Transformasi Trading Logistik Terdigitalisasi

PPI Dunia Kerja Sama Strategis dengan Bank Danamon

Meneladani Hubungan Qatar dan Cina Selama Pandemi Covid-19

PPI Pantau Distribusi Minyak Goreng ke Warteg Secara Daring

Pemkab Madiun dan PT PPI Gelar OP Minyak Goreng Curah Murah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark