Selasa 19 Apr 2022 10:12 WIB

Jelang Arus Mudik, Daop 5 Purwokerto Lakukan Pemeriksaan Dresin

Pemeriksaan ini guna meningkatkan keselamatan perjalanan KA.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Kadaop 5 Purwokerto Daniel Hutabarat dan Wabup Banyumas melakukan pemeriksaan dresin, Selasa (19/4/2022).
Foto: Dokumen
Kadaop 5 Purwokerto Daniel Hutabarat dan Wabup Banyumas melakukan pemeriksaan dresin, Selasa (19/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- PT KAI Daop 5 Purwokerto dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Polresta Banyumas, dan Kodim 0701 melakukan pemeriksaan bersama menggunakan Dresin antara Stasiun Purwokerto – Notog, Selasa (19/4/2022). Pemeriksaan ini guna meningkatkan keselamatan dan memastikan keamanan perjalanan KA terutama jelang arus mudik Lebaran.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat bersama Wakil Bupati Kabupaten Banyumas Sadewo Trilastiono, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, dan Kepala Dandim 0701 Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono.

Menurut Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat, kegiatan pemeriksaan bersama ini guna meyakinkan kondisi pengamanan baik di stasiun dan di sepanjang jalur KA, kondisi jembatan, dan pemeriksaan daerah-daerah rawan di sepanjang jalur tersebut.

"Kami meyakinkan kondisi track/jalur benar-benar baik, lebar jalur, kondisi bantalan dan jembatan, perlintasan sebidang, serta penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS)," ujar Daniel.

Daniel mengatakan, hal tersebut dilakukan mengingat KA adalah merupakan angkutan massal sekaligus memastikan bahwa keselamatan dan keamanan perjalanan KA senantiasa terjaga dari gangguan eksternal yang mungkin terjadi. Untuk itu, KAI Daop 5 bersinergi dan berkolaborasi dengan kewilayahan untuk meminimalisir potensi bahaya.

PT KAI juga memastikan tetap melakukan perawatan, pemeriksaan sarana, dan prasarana perkeretaapian secara rutin. Masa Angkutan Lebaran tahun ini ditetapkan mulai H-10 yakni 22 April 2022 hingga H+10 yakni 13 Mei 2022.

Ia menyatakan Daop 5 Purwokerto terus melakukan upaya dalam rangka mewujudkan angkutan kereta api yang selamat, aman, nyaman, dan sehat. Salah satunya melalui keandalan sarana dan prasarana perkeretaapian.

Sementara itu sebelum dilaksanakan pemeriksaan bersama, Daop 5 Purwokerto membagikan  paket sembako untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Banyumas, yakni di Kelurahan Kober Kecamatan Purwokerto Barat dan Notog.

“Pemberian paket sembako KAI Peduli ini di berikan kepada masyarakat yang berada disekitar jalur KA berupa bahan pokok pangan," kata Daniel.

Dikatakan, pembagian bahan pokok pangan secara gratis ini merupakan program dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perusahaan (TJSL) PT KAI.

Penyerahan paket sembako diserahkan secara langsung oleh VP Daop 5 kepada Wakil Bupati Kabupaten Banyumas, Sadewo Trilastiono, yang selanjutnya diteruskan kepada kepala Kelurahan Kober untuk diserahkan kepada warga Kober yang berhak menerima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement