Postingan Online tentang Korsel Naik Drastis karena Squid Game

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Squid Game.
Squid Game. | Foto: heaver of horror

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Squid Game terus memberikan dampak yang mengesankan pada persepsi global budaya pop Korea. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di surat kabar Korea Sports Kyunghyang, dilansir di Allkpop, jumlah postingan online yang terkait dengan budaya pop Korea meningkat sekitar 30 kali lipat setelah perilisan drama Netflix Original yang populer.

Badan Pertukaran Budaya Internasional Korea pada Senin (18/4/2022), bersama dengan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, mengumumkan temuan ini, yang merupakan hasil dari analisis data besar tentang status dampak budaya pop Korea di luar negeri.

Analisis ini melibatkan semua konten di YouTube, Reddit, Rotten Tomatoes, dan media luar negeri lainnya dari Juni hingga Desember tahun lalu. Di YouTube, rata-rata 2.300 video yang terkait dengan budaya pop Korea diunggah per pekan dari Juni hingga Agustus.

Tetapi sejak rilis Squid Game pada 17 September, jumlah rata-rata posting per pekan meningkat menjadi 70.600 pada Desember, 30 lipat meningkat. Jumlah video terkait K-drama meningkat dari 200 per pekan pada Agustus menjadi 6.000 di November.

Pada pekan ketiga Oktober, lima video teratas semuanya ditempati oleh Squid Game, dan jumlah total penayangan video ini adalah 450 juta, membuktikan popularitas pertunjukan yang meledak-ledak. Jumlah video terkait K-pop juga meningkat dari 2.000 per pekan di pekan ketiga September menjadi 60 ribu per pekan di pekan keempat November.

Badan Pertukaran Budaya Internasional Korea menyimpulkan, setelah rilis Squid Game, minat pada budaya pop Korea secara umum menyebar, dan konten direproduksi oleh fandom dan konsumen umum.

Juga terungkap jumlah video yang dibuat ulang telah meningkat, seperti orang-orang yang merekam lagu K-Pop atau cover dance melalui akun pribadi mereka. Ketertarikan pada budaya pop Korea telah meningkat tidak hanya di postingan video tetapi juga di komunitas online dan di situs ulasan.

Pada awal September, jumlah postingan terkait budaya pop Korea di Reddit adalah 15 ribu hingga 16 ribu per pekan, tetapi menunjukkan peningkatan sementara di Oktober ketika melebihi 20 ribu. Di Rotten Tomatoes, jumlah ulasan konten budaya pop Korea naik dari kurang dari 20 per pekan sebelum rilis Squid Game menjadi 130 setelah rilis.

Jumlah artikel terkait budaya pop Korea di media luar negeri juga meningkat lebih dari dua kali lipat sejak pemutaran perdana Squid Game. Studi ini menganalisis 28 outlet media di 15 negara. Sebelum rilis Squid Game, rata-rata pekanan rata-rata artikel terkait budaya pop Korea adalah 16,6, dan setelah rilis, jumlahnya meningkat tajam, dengan rata-rata 133,3 laporan per pekan pada Oktober.

Menurut penelitian ini, penyebutan K-Pop menyumbang lebih dari setengah dari total sebesar 54 persen, diikuti oleh K-drama sebesar 32,5 persen. Kata kunci utamanya adalah grup BTS dan Squid Game. Sementara itu, sebelumnya telah dikonfirmasi Squid Game akan kembali untuk musim kedua.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Sutradara Squid Game Pastikan Lee Jung Jae dan Lee Byung Hun Kembali di Sekuel

Sukses dengan Squid Game, Park Hae-soo Bintangi Film Spionase Yaksha

Squid Game Sudah Mendebarkan, Sutradara Janjikan Tontonan Baru yang Lebih Mencekam

Squid Game Kalahkan Money Heist di Critics Choice Awards

Para Pemain Squid Game akan Hadir di Critics Choice Awards

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark