Percepat Gerakan Global, AS Watson Perkenalkan Greener Stores

Red: Fernan Rahadi

Gerai AS Watson
Gerai AS Watson | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan induk Watsons, AS Watson (ASW), dalam perayaan ulang tahunnya yang ke-180, meluncurkan Greener Stores Global Framework. Peluncuran ini untuk mempercepat transformasi ritel menuju gerai yang memiliki dampak lebih rendah terhadap lingkungan dalam mencapai pengurangan emisi karbon, penggunaan air, dan limbah tempat pemrosesan akhir. Selain itu diharapkan juga untuk memperbesar skalanya dalam upaya kebaikan untuk mempercepat gerakan global menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. 

"ASW Greener Stores Global Framework bertujuan untuk membentuk dan menginspirasi bisnis untuk membangun budaya dan perilaku keberlanjutan yang lebih kuat dalam merancang, membangun, mengoperasikan, dan memelihara seluruh gerai," kata Group Chief Operating Officer AS Watson Group, dan CEO AS Watson (Asia dan Eropa), Malina Ngai, dalam siaran pers, Jumat (22/4/2022).

Sebagai peritel kesehatan dan kecantikan internasional, AS Watson mengoperasikan jaringan luas lebih dari 16.400 gerai di bawah 12 merek ritel di 29 pasar. AS Watson adalah salah satu peritel dengan pertumbuhan tercepat yang membuka lebih dari 1.000 gerai dalam setahun. 

Meski terjadi pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir, AS Watson tetap membuka 1.600 gerai baru. Itulah mengapa membuat gerainya lebih hijau sangat penting dalam mempercepat kemajuan keberlanjutannya.

Ngai melanjutkan, AS Watson Greener Stores Global Framework menunjukkan komitmen mendalam kami untuk mempercepat perkembangan keberlanjutan dan bergerak menuju masa depan yang lebih sustainable. 

"Ini adalah visi kami untuk membuat setiap gerai menjadi gerai yang lebih hijau dengan dampak lingkungan yang lebih rendah sepanjang siklus hidupnya," katanya.

Kunci dari Greener Stores Global Framework adalah upaya untuk menginspirasi budaya berkelanjutan dalam operasi gerai ritel sehari-hari, melibatkan pelanggan dalam memilih produk dan gaya hidup yang lebih sustainable, mempercepat efisiensi energi dan energi terbarukan, serta meningkatkan penggunaan bahan yang bertanggung jawab dan pengalihan limbah.

AS Watson Memilih Superdrug Peterborough di Inggris sebagai gerai ramah lingkungan pertama. "Di bawah Greener Stores Global Framework, AS Watson akan mengembangkan desain gerai yang meminimalisir dampak lingkungan pada siklus hidupnya . Ini termasuk peningkatan penggunaan bahan yang dapat didaur ulang, mencari cara untuk meningkatkan efisiensi energi, mengurangi limbah, menghemat air, hingga cara pembuangan akhir. Proses konstruksi juga akan direncanakan dan dikelola dengan hati-hati untuk memastikan target tempat pembuangan akhir dan daur ulang ditetapkan bersama dengan kontraktor lokal," paparnya.

Green store pertama AS Watson adalah toko Superdrug di Pusat Perbelanjaan Serpentine Green Peterborough di Inggris yang dibuka Oktober lalu. Keberlanjutan telah menjadi fokus inti dari proses pengembangan toko dari konsep awal menjadi kenyataan. Gerai ini memiliki papan nama yang sepenuhnya dapat didaur ulang yang terbuat dari benang daur ulang dan botol plastik. Ubin langit-langitnya juga terbuat dari bio-soluble mineral wool, tanah liat dan starch atau pati yang juga 100 persen dapat didaur ulang.

Gerai ini juga telah memperkenalkan beberapa fitur keberlanjutan termasuk sistem pendingin udara dengan tingkat efisiensi AAA, target pengelolaan sampah sebesar 5 persen ke tempat pemrosesan akhir, dan menggunakan pengurangan jumlah lampu LED di langit-langit yang menghasilkan penghematan listrik sebesar 37 persen. Hasilnya, gerai tersebut berhasil menghemat 5.800 KWh energi per tahun yang setara dengan pengurahan tahunan sebesar 1.200 kilogram CO2.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Tingkatkan Akses Produk Kesehatan, Watsons Kolaborasi dengan Good Doctor

Puncak Harbolnas, Watsons Sediakan Produk Harga Terjangkau

Watsons Perkuat Komitmen Lawan Perubahan Iklim

Ramaikan Harbolnas, Watsons Gelar Festival Belanja Daring

Watsons Rayakan Ulang Tahun ke-14 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark