Polres Bantul Libatkan 500 Personel dalam Pengamanan Lebaran 2022

Red: Muhammad Fakhruddin

Polres Bantul Libatkan 500 Personel dalam Pengamanan Lebaran 2022 (ilustrasi).
Polres Bantul Libatkan 500 Personel dalam Pengamanan Lebaran 2022 (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melibatkan sekitar 500 personel dalam kegiatan Ops Ketupat Progo 2022 dalam rangka pelaksanaan pengamanan selama arus mudik dan balik Lebaran 2022 di wilayah tersebut.

"Personel yang dilibatkan kurang lebih 500 personel dari Polres Bantul, kemudian di-back updari unsur TNI dan pemda dalam hal ini Dishub (Dinas Perhubungan) dan Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja)," kata Kapolres Bantul AKBP Ihsan usai Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Progo 2022 di Lapangan Paseban Bantul, Jumat sore (22/4/2022).

Selain personel dan aparat pemerintah tersebut, kata Kapolres, juga dibantu dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta komunitas sukarelawan, seperti Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Senkom, dan Rapi. "Sukarelawan yang tadi disaksikan dalam Apel Gelar Pasukan cukup banyak, mereka sukarelawan di Bantul yang kami berdayakan dalam rangka mendukung pelaksanaan operasi Ketupat Progo," kata Kapolres.

Seperti yang disampaikan dalam amanat Kapolri pada Apel Gelar Pasukan, kata dia, bahwa terkait dengan Lebaran 2022 diprediksi akan terjadi lonjakan arus mudik sehingga lalu lintas di jalur utama akan padat kendaraan. "Bahwa prediksi akan sangat padat termasuk ke Jakarta akan padat dan itulah Lebaran, kalau Lebaran lancar itu saya kira sesuatu yang tidak mungkin, pasti akan padat," katanya.

Baca Juga

Meski demikian, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di ruas jalan yang rawan terjadi kepadatan dan rawan kecelakaan lalu lintas. Di sekitar jalur rawan juga didirikan posko pengamanan (pospam) dan pos pemantauan. "Tentunya perlu rekayasa. Oleh karena itu, kami akan membuat empat pospam dan pos pelayanan, kemudian ada pos pantau yang kami sebar di daerah-daerah yang rawan, khususnya kecelakaan," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Arus Mudik di Terminal Kampung Rambutan Didominasi Tujuan Sumatra

Dinkes Kota Bandung Dirikan Pos Vaksinasi Saat Mudik Lebaran

Wapres Maklumi Kenaikan Jumlah Pemudik Lebaran 2022

Tiket Habis Terjual, Ini Rute Favorit Pemudik dengan Kereta Api

Delman di Garut Dilarang Beroperasi Selama Arus Mudik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark