Polres Sumenep Fokus Pengamanan Mudik di Pelabuhan dan Pasar

Red: Muhammad Fakhruddin

Sejumlah kendaraan calon penumpang dan truk terparkir sebelum masuk ke dalam kapal feri di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022). Sejumlah warga Pulau Sapudi dan Raas, Sumenep memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan penumpang pada arus mudik Lebaran 2022.
Sejumlah kendaraan calon penumpang dan truk terparkir sebelum masuk ke dalam kapal feri di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (19/4/2022). Sejumlah warga Pulau Sapudi dan Raas, Sumenep memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan penumpang pada arus mudik Lebaran 2022. | Foto: ANTARA/Seno

REPUBLIKA.CO.ID,SUMENEP -- Aparat Polres Sumenep, Jawa Timur, memfokuskan pengamanan di pelabuhan dan pasar tradisional pada pengamanan mudik Lebaran 1443 Hijriah, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kemacetan dan penyebaran COVID-19.

"Dua hal ini, kemacetan dan penyebaran COVID-19 menjadi perhatian utama kami, karena di musim mudik Lebaran kali ini, kita masih dalam situasi pandemi," kata Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya di Sumenep, Sabtu (23/4/2022).

Sebanyak 350 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 1443 Hijriah kali ini.

Menurut kapolres, pengamanan Lebaran dengan sandi "Operasi Ketupat Semeru 2022" itu sebagai upaya petugas untuk menciptakan rasa aman, nyaman dan kelancaran bagi seluruh masyarakat dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Baca Juga

"Kami juga telah menekankan kepada para personel yang bertugas pada pengamanan mudik dan balik Lebaran kali ini agar mereka juga mengedukasi warga dan pemudik dalam menegakkan disiplin protokol kesehatan," katanya.

Di Sumenep, kata dia, pelabuhan dan pasar tradisional berpotensi menimbulkan kerawanan, yakni rawan macet dan rawan terjadi penularan COVID-19. "Karena itu, kami mewanti-wanti kepada para personel yang bertugas agar penegakan disiplin protokol kesehatan benar-benar dilaksanakan secara disiplin," katanya.

Pada pengamanan mudik dan balik Lebaran 1443 Hijriah kali ini, Polres Sumenep mempersiapkan tiga pos pantau di tiga lokasi berbeda, yakni Terminal Arya Wiraraja, di Pasar Prenduan dan Pelabuhan Kalianget.

Pengamanan mudik dan balik Lebaran dengan sandi Operasi Ketupat Semeru 2022 digelar 28 April sampai 9 Mei 2022.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


7 Saran untuk Pemeringah Dukung Kelancaran Mudik

Wagub DKI Berharap Masyarakat Cerdas Atur Jadwal Mudik

PHRI Kota Batu Perkuat Penerapan Prokes Saat Libur Lebaran

11 Ribu Lebih Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

Tekan Kecelakaan, Pemerintah Minta Masyarakat Tak Mudik Gunakan Motor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark