Ahad 24 Apr 2022 16:43 WIB

Sebagian Pemudik dari Jakarta Terpantau Masuk Kabupaten Semarang

Mereka umumnya memilih melakukan perjalanan mudik lebih awal.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah kendaraan pemudik dengan nomor polisi Jakarta terpantau melintas di ruas Tol Semarang-Solo di KM 427 A (arah Surabaya) di wilayah Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Ahad (24/4/2022).
Foto: Bowo Pribadi
Sejumlah kendaraan pemudik dengan nomor polisi Jakarta terpantau melintas di ruas Tol Semarang-Solo di KM 427 A (arah Surabaya) di wilayah Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Ahad (24/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Sejumlah kendaraan pemudik asal Jakarta dan daerah lain di sekitarnya mulai terpantau melintas di ruas tol Trans Jawa, segmen Semarang-Solo, di wilayah Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Ahad (24/4/2022).

Mereka umumnya memilih melakukan perjalanan mudik lebih awal dan menghindari prediksi puncak arus mudik Lebaran 1443 Hijriah, demi pertimbangan kelancaran arus lalu lintas selama perjalanan.

Luna (36), salah satu pemudik asal Jakarta tujuan Sragen, mengaku memilih berangkat dari Jakarta pada Sabtu (23/4/2022) malam, sehingga pada Ahad dini hari sudah masuk wilayah Jateng.

Alhamdulillah, selama perjalanan lancar,” jelasnya, saat ditemui di Rest Area KM 429 A, Ungaran.

Menurutnya, berangkat mudik lebih awal lebih nyaman karena arus lalu lintas di ruas tol Trans Jawa relatif masih lancar dan kondisinya belum terlalu padat karena volume kendaraan juga belum banyak meningkat.

Terlebih melalui berbagai media massa pemerintah juga telah mengimbau kepada masyarakat (para pemudik) agar sebisa mungkin untuk menghindari perjalanan pada prediksi puncak arus mudik.

Di luar itu, ia juga ingin perjalanan mudik bisa lebih santai dan nyaman untuk dinikmati. Bahkan masih leluasa untuk beristirahat dan tidur sejenak di wilayah Batang, selepas makan sahur. “Coba kalau jalan bersamaan dengan pemberlakuan one way, mungkin tidak bisa sesantai ini,” lanjutnya.  

Pengelola Rest Area KM 429 A juga mengamini sejumlah pemudik dari arah Jakarta dan Jawa Barat sudah terpantau masuk mengunjungi Rest Area KM 429 A sejak Sabtu malam hingga Ahad siang.

Manajer Rest Area KM 429 A, Adi Lingga Jati yang dikonfimasi juga mengamini, kendaraan  pemudik dari Jakarta dan daerah lain di Jawa Barat memang sudah mulai berdatangan dan mengunjungi rest areanya.

Sampai Ahad ini juga terus berlanjut meski jumlahnya belum menunjukkan peningkatan yang sangat tajam. “Ada satu dua hingga beberapa kendaraan yang masuk ke rest area. Karena intensitasnya juga belum banyak,” jelasnya.

Dimungkinkan mereka meruapak para pemudik yang memang memilih kebarangkatan dari Jakarta lebih awal, agar tidak terjebak oleh kemacetan dan kepadatan di dalam ruas jalan tol Trans Jawa.

“Yang pasti setiap saat ada yang masuk walaupun belum dalam jumlah yang sangat besar. Karena waktunya juga belum masa puncak arus mudik pada Lebaran tahun ini,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement