Senin 25 Apr 2022 16:08 WIB

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 2 Mei 2022

Kesempatan ini harus dimanfaatkan menjaga solidaritas dan memperkuat silaturahim.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi Idul Fitri
Foto: MGIT03
Ilustrasi Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah akan jatuh pada Senin 2 Mei 2022 Masehi. Penetapan tersebut didasarkan kajian yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto mengimbau, agar pelaksanaan shalat Id dan perayaan ibadah-ibadah lain dapat dilakukan dengan khusyuk. Termasuk pula rangkaiannya seperti takbiran, pelaksanaan zakat fitrah, dan lain sebagainya.

"Dapat diselenggarakan dengan khusyuk dan seksama," kata Agung di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Senin (25/4).

Selain itu, ia menekankan, seluruh pelaksanaan rangkaian perayaan ibadah pada Idul Fitri 1443 Hijriyah harus dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Seperti menggunakan masker dan lain sebagainya.

Kesempatan Hari Raya Idul Fitri 1443 H harus dimanfaatkan menjaga solidaritas dan memperkuat silaturahim. Pelonggaran yang diberikan pemerintah harus dimanfaatkan dengan bijak, menjalin silaturahmi yang dua tahun ini tidak bisa bertemu fisik.

Kepada muslimin dan muslimat di manapun berada, Agung menekankan, agar senantiasa memanfaatkan Hari Raya Idul Fitri untuk memelihara silaturahmi dengan mengucapkan salam. Serta, mengunjungi sanak kerabat dalam rangka memelihara tali silaturahmi.

"Menjaga silaturahmi setelah dua tahun terdampak Covid-19 tidak sempat untuk melaksanakan silaturahim," ujar Agung.

Bagi pemudik, Agung berharap, tetap waspada dan hati-hati di jalan hingga selamat sampai tujuan dengan selamat. Ia berpesan ke pemudik untuk tidak memaksakan diri dalam berkendara, jika badan dirasa sudah lelah dan mengantuk dapat beristirahat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement