Jumlah Kedatangan Penumpang di Wilayah KAI Daop 4 Semarang Mulai Meningkat

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sejumlah penumpang kereta api berjalan seusai tiba di Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022). PT KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang menyiapkan 16 perjalanan kereta api setiap harinya, dengan menyiagakan 14 lokomotif dan 100 rangkaian kereta untuk kelas ekonomi, eksekutif, maupun kereta pembangkit, serta jalur lokal Kedungsepur disiapkan 6 kereta api diesel sebagai antisipasi lonjakan penumpang pada masa mudik Lebaran.
Sejumlah penumpang kereta api berjalan seusai tiba di Stasiun Tawang Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022). PT KAI Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang menyiapkan 16 perjalanan kereta api setiap harinya, dengan menyiagakan 14 lokomotif dan 100 rangkaian kereta untuk kelas ekonomi, eksekutif, maupun kereta pembangkit, serta jalur lokal Kedungsepur disiapkan 6 kereta api diesel sebagai antisipasi lonjakan penumpang pada masa mudik Lebaran. | Foto: ANTARA/Aji Styawan

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Selama masa angkutan Lebaran 1443 Hijriah tahun 2022 --yang dimulai dari H-10 (22/4) sampai dengan H-7 (25/4)-- sebanyak 41.378 orang pengguna moda transportasi kereta api tiba di wilayah Daop 4 Semarang.

Jika dihitung rerata kedatangan selama empat hari pelaksanaan layanan mudik Lebaran kali ini, tercatat rata- rata kedatangan penumpang di wilayah Daop 4 Semarang mencapai 10.345 orang per hari.

Jika dibandingkan dengan akumulasi kedatangan jumlah pengguna jasa transportasi kereta apai di wilayah Daop 4 pada pekan sebelumnya, terpantau terjadi peningkatan hingga sebesar 23 persen.

"Sebab pada pekan sebelumnya --tanggal 15- 18 April 2022 akumulasi kedatangan  penumpang di wilayah Daop 4 Semarang tercatat sebanyak 33.596 orang," ungkap Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro di Semarang, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga

Dari jumlah yang tercatat selama masa angkutan Lebaran 1443 Hijriah, jelasnya, rute yang menjadi favorit pengguna jasa transportasi kereta api tersebut meliputi rute Jakarta- Semarang, Jakarta- Tegal, Surabaya- Semarang dan Bandung-Semarang.

Namun penyumbang kedatangan terbesar adalah kedatangan dari Jakarta dan Surabaya. Sampai dengan H-6 Lebaran tahun ini pergeralan penumpang pengguna jasa transportasi kereta api di wilayah Daop 4  telah mengalami peningkatan.

Diprediksi puncak kedatangan penumpang moda transportasi kereta api di wilayah Daop 4 Semarang --di masa arus mudik Lebaran kali ini-- akan berlangsung pada Sabtu (30/4) atau akhir pekan nanti.

"Diperkirakan jumlah penumpang pelanggan kereta api yang tiba di sejumlah stasiun yang berada di wilayah kerja Daop 4 Semarang bakal mencapai lebih dari 16.000 orang," tegas Krisbiantoro.

Ia juga menyampaikan, pada keberangkatan tanggal 27 April ,1 Mei dan 2 Mei 2022 (H-5, H-1 dan Hari H) masih tersedia tempat duduk. Pasalnya  rata- rata okupansi masih sekitar 75 persen.

"Khusus untuk rute- rute favorit pada keberangkatan menjelang hari H  Lebaran, tiket sudah habis terjual seperti dari Jakarta, Surabaya maupun dari Bandung," tambah Krisbiantoro.

Ia juga menyampaikan, pada masa Angkutan Lebaran 2022 ini, KAI akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang akan mudik naik kereta api sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan.

KAI juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, sehingga perjalanan kereta api di masa pelayanan angkutan lebaran tetap sehat dalam rangka menekan penyebaran Covid-19.

KAI juga masih menyediakan layanan angkutan Motor Gratis (Motis) menggunakan kereta api serta penjualan tiket Angkutan Lebaran khusus bagi peserta Motis dalam rangka meningkatkan keselamatan pemudik dan mengurangi kepadatan di jalan raya.

Untuk di wilayah Daop 4 Semarang program Motis ini, dapat dilayani di Stasiun Semarang Tawang, Pekalongan dan Stasiun Tegal dari mulai tanggal 20 April hingga 8 Mei 2022. Adapun pelayanan motis pada arus mudik akan dilaksanakan pada periode keberangkatan 26 hingga 30 April 2022. 

"KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik dengan kereta api karena jumlah tiket untuk mudik masih cukup tersedia. Pembelian tiket juga cukup mudah bisa melalui aplikasi KAI Access, web KAI, serta berbagai channel resmi penjualan tiket KAI lainnya," tandasnya.

 

Terkait


Demi Keamanan dan Keselamatan, Taj Yasin Ingatkan Pemudik Pastikan Kondisi Fisiknya

Jelang Lebaran, Kendaraan di Kota Malang Terpantau Alami Sedikit Peningkatan

KAI Cirebon Sebut Okupansi Kereta Tanggal Favorit Capai 95 Persen

Ini 8 Objek Wisata di Pariaman yang Dapat Dikunjungi Saat Libur Lebaran  

Bandara Lombok Mulai Operasikan Posko Lebaran Hari Ini

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark