Pemkot Pekalongan Ingatkan Pedagang tidak Jual Produk Kedaluwarsa

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot Pekalongan Ingatkan Pedagang tidak Jual Produk Kedaluwarsa (ilustrasi).
Pemkot Pekalongan Ingatkan Pedagang tidak Jual Produk Kedaluwarsa (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah

REPUBLIKA.CO.ID,PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, mengingatkan kepada pedagang maupun pemilik toko dan mal tidak menjual produk kemasan yang sudah kedaluwarsa karena akan merugikan konsumen.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Pekalongan Budiyanto mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengawasan ke pasar maupun toko untuk memastikan produk kemasan yang beredar di pasaran masih dalam kondisi baik. "Kami mengingatkan pedagang maupun pemilik toko dan mal lebih cermat lagi tidak menampilkan produk yang kemasannya rusak. Demikian pula pada konsumen juga harus berhati-hati saat membeli produk kemasan," katanya.

Budiyanto yang didampingi Kepala Bidang Perdagangan Dindagkop/UKM Junaenah mengatakan berdasar hasil inspeksi pada hari ini, pihaknya tidak menemukan produk kemasan yang sudah kedaluwarsa. "Hanya saja, kami masih menemukan produk kemasan yang rusak masih ditampilkan. Ini sudah kami sampaikan kepada pihak mal dan pemilik toko tidak menampilkan barang seperti itu," katanya.

Kegiatan inspeksi ini, kata dia, juga untuk memastikan harga produk sesuai dengan yang ditentukan sehingga tidak merugikan konsumen. "Saat menjelang Ramadhan kami masih menemukan produk kedaluwarsa dan rusak. Akan tetapi menjelang Lebaran sudah bagus, tak ada barang kedaluwarsa, namun kemasannya sedikit rusak," katanya.

Baca Juga

Ia mengimbau masyarakat menjadi konsumen yang cerdas saat berbelanja dengan memastikan bahwa barang atau produk yang dibeli itu tidak kedaluwarsa, kemasannya masih bagus, dan tidak rusak. "Kami berharap masyarakat berbelanja sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu khawatir dan melakukan aksi borong karena stoknya masih cukup," katanya.

 

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Produk tanpa Tanggal Kedaluwarsa Jadi Temuan Sidak Pemkot Surakarta

Tradisi Syawalan, Warga Pekalongan Dilarang Terbangkan Balon Udara Liar

Pemkot Pekalongan Targetkan Penataan Kawasan Kumuh Selesai Akhir April

Pemkot Pekalongan Siapkan Tempat Istirahat Pemudik Lebaran

Pekalongan Prioritaskan Akselerasi Vaksinasi Lansia Saat Ramadhan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark