Jumlah Bus Masuk Terminal Induk Jati Kudus Mulai Meningkat

Red: Muhammad Fakhruddin

Penumpang membawa barang bawaan usai turun dari bus di Terminal Induk Jati, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (26/4/2022). Menurut kepala terminal setempat, memasuki H-6 Hari Raya Idul Fitri 1443 H terminal tersebut mulai ramai pemudik dengan bus yang masuk mencapai 170 bus per hari.
Penumpang membawa barang bawaan usai turun dari bus di Terminal Induk Jati, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (26/4/2022). Menurut kepala terminal setempat, memasuki H-6 Hari Raya Idul Fitri 1443 H terminal tersebut mulai ramai pemudik dengan bus yang masuk mencapai 170 bus per hari. | Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID,KUDUS -- Jumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun antarkota antardaerah (AKDP) yang masuk ke Terminal Induk Jati Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selama beberapa hari terakhir mulai mengalami kenaikan dibandingkan sebelum memasuki bulan puasa.

"Sebelumnya berkisar 80-an unit bus per harinya, kini naik menjadi 143 unit per harinya," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Induk Jati Kudus Indarto di Kudus, Rabu (27/4/2022).

Dari puluhan bus yang masuk ke Terminal Jati Kudus, kata dia, didominasi bus AKAP, sedangkan bus AKDP minim. Jumlah bus AKDP yang masih beroperasi sangat terbatas, meliputi trayek Kudus-Semarang, Kudus-Purwodadi, dan trayek Semarang-Lasem-Pati.

Berdasarkan catatan hari Selasa (26/4), kata dia, untuk bus AKAP kedatangan sebanyak 143 bus, sedangkan jumlah penumpangnya berkisar 1.847 orang. Sementara bus keberangkatan ada 143 bus dengan jumlah penumpang 1.545 orang.

Baca Juga

Untuk bus AKDP yang datang sebanyak sembilan unit dengan jumlah penumpang 59 orang. Sedangkan keberangkatannya juga sama sembilan unit dengan jumlah penumpang 64 orang.

Lonjakan jumlah bus yang datang maupun jumlah penumpangnya, disebabkan musim mudik Lebaran. Pemerintah mengizinkan warga di perantauan mudik ke kampung halamannya.

Karena masih masa pandemi COVID-19, maka setiap penumpang yang masuk ke Terminal Induk Jati Kudus diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Ia memprediksi jumlah bus yang masuk maupun jumlah penumpangnya akan semakin banyak pada tanggal 29-30 April 2022.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Mudik Gratis Sebagai Bentuk Pelayanan kepada Masyarakat

Jasamarga Catat Kenaikan Mobilitas Warga Tinggalkan Kota Surabaya

Booster Bagi Para Pelaku Pariwisata Perlu Dipercepat

Saran Dokter Bila Anda Disuntik Vaksin Penguat di Hari Mudik

DPR: Selamat Mudik, Tetap Hati-Hati dan Terapkan Protokol Kesehatan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark