Satlantas Polres Semarang Siagakan Tim Khusus Urai Kemacetan

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi

Foto udara suasana antrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/4/2022). Volume kendaraan arus mudik Tol Trans Jawa Batang-Semarang dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Kalikangkung menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 Lebaran hingga pukul 16:00 WIB terpantau lancar terkendali.
Foto udara suasana antrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/4/2022). Volume kendaraan arus mudik Tol Trans Jawa Batang-Semarang dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Kalikangkung menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 Lebaran hingga pukul 16:00 WIB terpantau lancar terkendali. | Foto: ANTARA/Aji Styawan

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Untuk mendukung kelancaran arus mudik/balik Lebaran 1443 Hijriyah, Satlantas Polres Semarang menyiapkan Tim Urai Kemacetan. Tim khusus ini diperkuat sedikitnya 80 personel anggota Satlantas.

Satuan lalu lintas yang tergabung dalam tim tersebut dibentuk untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas saat puncak arus mudik lebaran maupun arus balik.

Kasatlantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo mangatakan, Tim Urai Kemacetan ini di tempatkan di sejumlah lokasi dengan tingkat kerawanan kemacetan yang tinggi.

Baik di dalam jalan tol Semarang-Solo maupun di jalan arteri nasional di wilayah Kabupaten Semarang  yang jamak menjadi simpul kemacetan arus lalu lintas saat volume pengguna jalan meningkat.

"Seperti jalan tol Semarang Solo (Seksi Banyumanik-Bawen), pasar Bandarjo Ungaran, simpang Bawen, pasar Projo Ambarawa, simpang Tuntang serta Bandungan," jelas Rendi, Kamis (28/4/2022).

Ia menambahkan, tim tersebut akan berkolaborasi dengan petugas yang ada di setiap pos pengamanan maupun pos pelayanan mudik Lebaran Polres Semarang.

Namun tugas Tim Urai Kemacetan memiliki spesifikasi penanganan serta pengendalian kemacetan arus lalu lintas dengan fokus perhatian mengawal jalur mudik/balik di jalan tol maupun arteri tetap lancar.

Untuk pos tim urai kepadatan arus lalu lintas berada di tol Semarang-Solo KM 429 A. "Tim urai dilengkapi  sepeda motor patroli agar lebih mudah menembus kepadatan arus lalu lintas," tegasnya.

Rendi juga menyampaikan, situasi arus lalu lintas di ruas jalan tol maupun arteri Semarang Solo pada Kamis pagi masih terlihat ramai lancar dan belum ada ketersendatan yang cukup berarti.

"Sementara itu untuk prediksi puncak arus mudik Lebaran 1443 Hijriyah di wilayah Kabupaten Semarang akan terjadi pada tanggal 29 dan 30 April 2022 atau akhir pekan ini," katanya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Polda Metro: Pemberlakuan Ganjil Genap Dimulai Sebelum Gerbang Tol

Jalur Tol Cikarang hingga Karawang Macet Imbas Kecelakaan Bus

Borobudur tak Targetkan Jumlah Pengunjung Libur Lebaran

Arus Lalu Lintas di Gerbang Tol Merak Padat

Kendaraan Padati Pelabuhan Merak pada H-4 Lebaran

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark